Analisis Framing Pemberitaan Masa Kampanye Pemilihan Gubernur Dki Jakarta 2017 Putaran Kedua (Analisis Framing Pada Portal Berita Online Detik.Com Dan Sindonews.Com Periode 7 Maret - 15 April 2017)

Prabowo, Wismoyo Bayu (2017) Analisis Framing Pemberitaan Masa Kampanye Pemilihan Gubernur Dki Jakarta 2017 Putaran Kedua (Analisis Framing Pada Portal Berita Online Detik.Com Dan Sindonews.Com Periode 7 Maret - 15 April 2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan, penelitian mengenai Analisis Framing Pemberitaan Masa Kampanye Pemilihan Gubernur Dki Jakarta 2017 Putaran Kedua pada portal berita online Sindonews.com dan Detik.com dimana peneliti ingin mencari tahu bagaimana pembingkaian yang dilakukan oleh media online dalam pemberitaannya terkait masa kampanye DKI Jakarta 2017 putaran kedua di Detik.com dan Sindonews.com. Paradigma yang digunakan adalah konstruksionisme dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Pada penelitian ini digunakan metode analisis dengan 3 tahap yakni, Tahap penyeleksian, Tahap Analisa Data, dan Tahap Interpretasi untuk melihat lebih rinci dan menyeluruh proses pembingkaian berita pada masa kampanye putaran kedua Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa berita yang dimuat di situs sindonews.com banyak sekali memperlihatkan sisi Anies-Sandi dan terkesan membuat Ahok-Djarot terlihat buruk dalam pemberitaannya. Ditambah dengan terlalu banyaknya kekurangan 5W+1H dalam berita yang seharusnya berita itu wajib menerapkan 5W+1H. Didalam sindonews.com juga sang pemiliki yakni HT juga ikut berperan dalam pemberitaan tersebut sehingga objektifitas berita dan portal sindonews semakin dipertanyakan. Sedangkan portal berita detik.com disini lebih objektif dalam pemberitaannya meskipun detik.com juga cukup sedikit menerangkan Ahok-Djarot namun tidak sejelas sindonews.com yang menerangkan Anies-Sandi. Portal berita Detik.com disini juga lebih lengkap unsur 5W+1H dalam pemberitaannya serta detik.com juga tidak mencampurkan sang pemilik dalam pemberitaannya. Media di Indonesia memang sangat kronis dikarenakan kini media yang seharusnya sebagai sumber informasi kepada masyarakat kini menjadi kendaraan politik untuk meraih tujuan sang pemilik dan koleganya dengan cara menggiring opini dan mencuci otak masyarakat dengan cara menerbitkan berita yang tidak objektif

English Abstract

This research is, a research on Framing Analysis of Gubernatorial Election of DKI Jakarta Governor Election 2017 Second Round on online news portal Sindonews.com and Detik.com where researchers want to find out how the framing conducted by online media in its news related to the period of Jakarta Capital City 2017 both on Detik.com and Sindonews.com. The paradigm used is constructionsism with data collection techniques documentation. In this research, 3-phase analysis is used, namely Selection Phase, Data Analysis Stage, and Interpretation Stage to see more detail and thorough the process of framing the news during the second round of the election campaign of DKI Jakarta Governor 2017. The results of this study found that the news posted on the site sindonews.com many shows the side of Anies-Sandi and seemed to make Ahok-Djarot look bad in the news. Coupled with too many shortcomings 5W + 1H in news that should be news must apply 5W + 1H. In sindonews.com also the owner of HT also play a role in the news so that objectivity news and portal sindonews increasingly questionable. While news portal detik.com here more objective in the news though detik.com also quite a bit explain Ahok-Djarot but not as clear as sindonews.com explain Anies-Sandi. Detik.com news portal here is also more complete element 5W + 1H in news and detik.com also not mixing the owner in the news. Media in Indonesia is very chronic because now the media that should as a source of information to the public is now a political vehicle to achieve the goals of the owner and his colleagues in a way menggiring opinion and brainwashing society by publishing news that is not objective.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1110/051800000
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, Putaran Kedua, Konstruksionisme, Metode Analisis 3 Tahap, Media Sosial. Framing Analysis, Election of DKI Jakarta Governor 2017, Second Round, Konstruksionisme, 3 Stage Analysis Method, Social Media.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jan 2018 06:12
Last Modified: 02 Dec 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8532
[thumbnail of 135120200111070_COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
135120200111070_COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item