Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Dalam Menunjang Pemasaran (Studi pada PT Tritama Bina Karya Malang)

Ramadhany, Fitriana Fajrin (2017) Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Dalam Menunjang Pemasaran (Studi pada PT Tritama Bina Karya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam menghadapi persaingan global, mutu produk yang dihasilkan perusahaan perlu diperhatikan karena saat ini kesadaran konsumen mengenai mutu produk semakin meningkat. Untuk itu perusahaan perlu mendapatkan pengakuan internasional yang menyatakan bahwa produk dan sistem yang digunakan telah sesuai dengan standar. Standar internasional mengenai manajemen mutu yang biasa digunakan adalah ISO 9001:2015. Penerapan yang konsisten akan mempengaruhi loyalitas pelanggan. Di sini peran manajemen pemasaran sangat penting untuk memahami kondisi dan permintaan pasar serta merancang strategi yang tepat untuk pencapaian target perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di PT Tritama Bina Karya, menganalisis pengaruh penerapan sistem tersebut dalam menunjang kegiatan pemasaran perusahaan, dan faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan dianalisis dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan informan yang dipilih dengan cara purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT Tritama Bina Karya belum sepenuhnya menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Hanya tiga dari tujuh prinsip dalam ISO 9001:2015 yang sudah dapat dipenuhi yaitu prinsip fokus pelanggan, prinsip perbaikan, dan prinsip manajemen hubungan. Penerapan prinsip tersebut membantu manajemen pemasaran menjaga kepercayaan agency dan pengguna jasanya. Hambatan penerapan sistem ini sebagian besar berasal dari internal perusahaan yang terutama disebabkan karena terbatasnya sumber daya manusia.

English Abstract

Facing a global competition, the quality of products produced by companies should be being an attention as nowadays, the customers’ awareness toward the quality of products increases. Hence, companies need to get an international confession stating that their products and systems are appropriate. The international standard related to the quality management that can be used is ISO 9001:2015. A consistent application will influence the customers’ loyalty. In this case, the role of marketing management is very important to understand the market condition and market demand. In addition, it is also important to plan the right strategies to gain the target of companies. This study aimed to expose the application of ISO 9001:2015 Quality Management System at PT Tritama Bina Karya Malang, to analize the effects of those systems application in supporting the activity of companies’ marketing and also to observe the factors supporting and blocking their application. This study uses descriptive method and analyzed by using qualitative method. The sampling method is done by observing, documenting, and interviewing the chosen respondents by using purposive sampling. The results of this study shows that PT Tritama Bina Karya Malang has not completely applied ISO 9001:2015 Quality Management System. This company only applies three of seven ISO 9001:2015 principles, including customers focus principle, improvement principle, and management relations principle. The application of those principles helps marketing management to keep the agencies’ and costumers’ trust of using the companies’ services. The obstacles in applying this system mostly come ftom the companies’ internal factors mainly because of the limitation of their human resources.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1194/051800334
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 29 Jan 2018 03:14
Last Modified: 26 Oct 2021 01:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8513
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item