Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas VIII C SMP Wahid Hasyim Malang

Sari, Retno Mayang (2017) Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas VIII C SMP Wahid Hasyim Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan suatu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pemikiran seseorang kepada lawan bicaranya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di SMP Wahid Hasyim Malang bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam keterampilan berbicara. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang berani dalam menyampaikan pendapat dan siswa masih pasif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas VIII C SMP Wahid Hasyim Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Wahid Hasyim Malang yang berjumlah tiga puluh siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi guru, hasil lembar observasi siswa, hasil angket, hasil berdiskusi siswa menyusun teks ulasan dan hasil praktik berbicara siswa menyampaikan pendapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa dinyatakan meningkat dengan dilakukannya penerapan metode diskusi. Hasil dari pembelajaran keterampilan berbicara siklus I terdapat tujuh belas siswa dengan persentase 71,7% sudah mencapai KKM. Hasil dari pembelajaran keterampilan berbicara siklus II terdapat dua puluh enam siswa dengan persentase 77,9% sudah mencapai KKM. Hasil keterampilan berbicara pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 6,2% dari keseluruhan aspek penilaian. Hasil observasi aktivitas guru siklus I pertemuan pertama sebesar 66,7%, dan pertemuan dua sebesar 73,3% dari lima belas indikator penilaian. Hasil observasi aktivitas guru siklus II pertemuan pertama sebesar 81,7%, dan pertemuan dua sebesar 85% dari lima belas indikator penilaian. Hasil peningkatan observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan satu sebesar 15% dan pertemuan kedua sebesar 11,7% dari lima belas indikator penilaian. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 65%, dan pertemuan kedua sebesar 70% dari lima belas indikator penilaian. Hasil observasi aktivitas siswa siklus II pertemuan pertama sebesar 80%, dan pada pertemuan kedua sebesar 88,3% dari lima belas indikator penilaian. Hasil peningkatan aktivitas siswa siklus II pertemuan pertama sebesar 15%, dan pertemuan kedua sebesar 18,3% dari lima belas indikator penilaian.

English Abstract

The ability to speak is a communication tool that is used to utter person's thoughts to his interlocutors. Based on the result of preliminary study conducted in SMP Wahid Hasyim Malang, students who have difficulty in speaking skill, is caused by the lack of confidence in expressing ideas and being passive in doing learning activities. Therefore, the purpose of conducting this research is to improve speaking skill through discussion technique to the grade VIII C students of SMP Wahid Hasyim Malang. The research used classroom action research. The subject of research is conducted to the thirty students of class VIII C of SMP Wahid Hasyim Malang.The data of this study are collected through the administration of teacher observation sheets, student observation sheets, questionnaires, students practices in arranging text and speaking activity. The result of the research shows that there is improvement of the students' speaking skill by implementing the discussion technique. The result of speaking skill in cycle I was seventeen students with percentage of 71,7% have reached KKM. And In cycle II was twenty six students with 77.9% percentage have reached KKM. The result of speaking skill in cycle I has equally increased to 6,2% in cycle II of all aspect of assessments.The result of teacher observation in cycle I meeting I was 66.7%, in meeting II was 73.3% of fifteen assessment indicators. the result of teacher observation in cycle II meeting I was 81,7%, in meeting II was 85% of fifteen assessment indicators. the result of increasing teacher observation activity in cycle I meeting I was 15%, in meeting II was 11.7% of fifteen assessment indicators. the result of first student observation activity in cycle I meeting I was 65%, in meeting II was 70% of fifteen assessment indicators. the result of student observation cycle II meeting I was 80%, in meeting II was 88,3% of fifteen assessment indicators. the result of increasing student activity cycle II meeting I was15%, in meeting II was 18.3% of fifteen assessment indicators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/880/051800553
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbicara, metode diskusi.
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.302 81 Techniques of study
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:02
Last Modified: 05 Dec 2020 08:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8398
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item