Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Saus Sambal ABC (Studi pada Konsumen Giant Kota Malang)

Umardhani, Andre (2017) Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Saus Sambal ABC (Studi pada Konsumen Giant Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri makanan dan minuman di Indonesia saat ini memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Perkembangan industri makanan di Indonesia disebabkan adanya pergeseran dari produk pertanian yang awalnya dijual mentah menjadi produk jadi. Pergeseran produk tersebut didasari oleh kecenderungan masyarakat yang mengutamakan konsumsi produk makanan dan minuman instan.Meningkatnya perkembangan industri makanan di Indonesia, mempengaruhi tingkat persaingan global antar industri, sehingga mengharuskan setiap industri memiliki strategi bisnis yang tepat untuk mempertahankan penjualan dan keuntungan. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan meningkatkan pemasaran produk.PT Heinz ABC merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak dalam bidang makanan, dengan salah satu produk andalan yang dimiliki yaitu saus sambal ABC. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen, dan mengetahui variabel bauran promosi yang berpengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen saus sambal ABC. Batasan masalah pada penelitian ini adalah bauran promosi yang diteliti meliputi periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi, keputusan pembelian yang diteliti meliputi pemenuhan kebutuhan dan kualitas produk, dan kepuasan konsumen yang diteliti meliputi harapan konsumen, keinginan membeli ulang, dan rasa senang. Sampel penelitian ini adalah viii konsumen saus sambal ABC di Giant Kota Malang yang membeli minimal 1 produk setiap bulannya.Jumlah sampel responden yang digunakan adalah sebanyak 95 responden. Penelitian ini akan menggunakanmetode Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Terdapat tiga variabel eksogen yakni periklanan, penjualan pribadi, dan promosi penjualan serta dua variabel endogen yang terdiri dari keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah variabel periklanan dan promosi penjualan dengan nilai CR berturut-turut 10.4 dan 2.54 lebih besar dari r tabel yaitu 1.96. Variabel penjualan pribadi tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai CR 1.88 lebih kecil dari r tabel. Indikator yang paling berpengaruh pada keputusan pembelian adalah indikator iklan televisi dan youtube (X1.3). Variabel periklanan dan promosi penjualan menghasilkan hubungan positif atau berbanding lurus dengan variabel keputusan pembelian. Variabel penjualan pribadi menghasilkan hubungan yang negatif atau berbanding terbalik dengan variabel keputusan pembelian. Variabelkeputusan pembelian memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai CR 26.59. Indikator yang paling berpengaruh dalam menentukan kepuasan konsumen adalah harapan konsumen (Y21). Variabel keputusan pembelian juga menghasilkan hubungan yang positif dengan kepuasan konsumen.

English Abstract

The food and beverage industry in Indonesia currently plays an important role in economic growth in Indonesia. The development of the food industry in Indonesia is due to a shift from agricultural products that were initially sold raw to finished products. This product shift is based on the tendency of people who prioritize consumption of instant food and drink products. The increasing development of the food industry in Indonesia, affecting the level of global competition among industries, requires that every industry has the right business strategy to maintain sales and profits. One way that can be used is to improve product marketing. PT Heinz ABC is one of the largest companies in Indonesia engaged in food, with one of the mainstay products owned by the sauce ABC sauce. The purpose of this research is to know the influence of promotion mix to purchasing decision, influence of purchasing decision to consumer satisfaction, and to know promotion mix variable which have dominant influence to consumer purchasing decision and consumer satisfaction of sauce ABC sauce. Limitation of the problem in this study is the promotion mix that researched include advertising, sales promotion, and personal sales, purchasing decisions include the fulfillment of needs and product quality, and consumer satisfaction investigated include consumer expectations, re-buying, and pleasure. The sample of this research is consumer of chili sauce ABC at Giant Malang which buy at least 1 product every month. The number of respondents used is 95 respondents. This research will use Generalized Structured Component Analysis (GSCA) method. There are three exogenous variables: advertising, personal selling, and sales promotion as well as two x endogenous variables consisting of purchasing decisions and customer satisfaction. The results showed that the variables that have a significant influence on purchasing decisions are advertising and sales promotion variables with CR values of 10.4 and 2.54 respectively larger than r table is 1.96. Private sales variable has no significant effect with CR value 1.88 is smaller than r table. The most influential indicators on purchasing decisions are television and youtube advertising indicators (X1.3). Advertising and sales promotion variables produce a positive or proportional relationship with the purchase decision variable. Personal sales variables produce a negative or inverse relationship with the purchase decision variable. The variable of purchase decision give significant influence to consumer satisfaction with CR value of 26.59. The most influential indicator in determining consumer satisfaction is consumer expectation (Y21). The variable purchase decision also generates a positive relationship with customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/688/051712068
Uncontrolled Keywords: Bauran Promosi, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 15 Jan 2018 06:21
Last Modified: 05 Oct 2020 11:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8033
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item