Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi Pada Konsumen Jasa Pencucian Mobil MMS Carewash Di Kota Malang

Ardiansyah, Adam Hakim (2017) Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi Pada Konsumen Jasa Pencucian Mobil MMS Carewash Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik segmen pasar jasa pencucian mobil MMS Carewash berdasarkan Activity, Interest, Opinion serta mengetahui segmen pasar apa yang tepat untuk menjadi target pasar jasa pencucian mobil MMS Carewash berdasarkan Activity, Interest, Opinion. Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif yang mengukur suatu fenomena sosial tertentu tetapi tanpa melakukan pengujian hipotesa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 responden yang diambil dari populasi konsumen jasa pencucian mobil MMS Carewash di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karakteristik sampel yang dipilih yaitu konsumen berusia 17 tahun keatas, pernah 1 kali melakukan jasa pencucian mobil di MMS Carewash. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis cluster metode K-Means. Dari Hasil pengujian disimpulkan segmen pasar jasa pencucian mobil MMS Carewash di Kota Malang dapat dibagi ke dalam 4 kelompok segmen. Segmen 1 dengan nama the woman active, Segmen 2 dengan nama the confidence man, Segmen 3 dengan nama the wise man dan segmen 4 dengan nama the man with a plan. Segmen yang dinilai paling tepat untuk menjadi target pasar jasa pencucian mobil MMS Carewash adalah segmen the confidence man, the wise man serta the man with a plan.

English Abstract

The objective of this research are to identify the characteristic of market segments of MMS, a carwash service located in Malang, based on activity, interest, and opinion. This research is a descriptive study, which measures a certain social phenomenon without hypothesis testing. Using purposive sampling technique, 90 people who are least 17 years of age and have used the service of the company at least once are selected as the sample, the instrument of this research is assessed using validity and reliability test. The data of this study are analyzed using K- Means cluster analysis method. The test result show that the market segmen of MMS can be divided into 4; they are The Acive Woman, The Confidence Man, The Wise Man, and The Man With A Plan. The suitable segments for MMS are The Confidence Man, The Wise Man, and The Man With A Plan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/751/051800185
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, Psikografi, Activity, Interest, Opinion, Segmentation, Psychography, Activity, Interest, Opinion.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Jan 2018 07:01
Last Modified: 18 Aug 2023 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7897
[thumbnail of ADAM HAKIM ARDIANSYAH.pdf] Text
ADAM HAKIM ARDIANSYAH.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item