Register Transaksi dari Maryam_Project Online Shop

Devi, Sabrina Ayu Mutiara. (2017) Register Transaksi dari Maryam_Project Online Shop. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini, kemunculan akan online shop semakin meningkat. Di dalam dunia perbelanjaan online, orang-orang biasa menggunakan varietas bahasa tertentu yang biasa disebut register untuk mempermudah istilah-istilah yang digunakan. Register tersebut membuat orang yang tidak terbiasa dengan komunitas tersebut akan salah mengartikan makna dari istilah-istilah tersebut karena mereka tidak memahami tiga jenis variabel register yang terdiri dari medan, sarana dan pelibat yang mana berfungsi untuk membangun konteks pada percakapan yang terkandung register didalamnya. Penelitian ini menggunakan teori dari Halliday dan Hasan (1989) untuk menganalisa register yang digunakan Maryam_Project online shop di dalam proses transaksi. Di dalam penelitian ini, terdapat dua permasalahan penelitian yaitu (1) Register apa saja yang digunakan Maryam_Project online shop ketika berhadapan dengan pelanggannya (2) Bagaimana variabel register yang terdiri dari medan, sarana dan pelibat teraplikasikan di dalam percakapan antara pemilik Maryam_Project online shop dan para pembeli yang mana berkaitan dengan proses transaksi. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan percakapan yang mengandung register didalamnya, yang mana ditemukan dalam aplikasi Blackberry Messenger (BBM) dan LINE selama proses transaksi sebagai data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 45 register transaksi yang digunakan oleh pemilik Maryam_Project online shop dan pelanggannya dan penulis mengartikan register transaksi tersebut dalam arti umum dan khusus. Lalu, peneliti menemukan bahwa variabel register yang mana terdiri dari medan, sarana dan pelibat sangatlah penting untuk diketahui karena variabel register tersebut menggambarkan bagaimana topik, fungsi dan para orang yang terlibat dalam sebuah percakapan dapat membangun sebuah konteks Penulis menyarankan peneliti selanjutnya untuk memperluas analisis akan register dan melakukan investigasi lebih lanjut dalam alasan penggunaan register tertentu, sehingga analisis dan pengetahuan akan register akan lebih kaya dan beragam.

English Abstract

Nowadays, the emergence of online shop becomes increasing. In the world of online shopping, the people usually use some specific language variety that is called registers to simplify the terms used. Registers can make people who are not accustomed with the community misinterpret the meaning of the terms because they do not know about the register variables that consist of field, mode, and tenor that construct the context of the conversation which employ a registers. This study uses theory of Halliday and Hasan (1989) to analyze the registers used by Maryam_Project online shop in the transaction process. There are two research problems of this study: (1) What kinds of register used by Maryam_Project online shop in dealing with their customers; (2) How the register variables which consist of field, mode and tenor applied in the conversation between the owner of Maryam_Project online shop and the buyer regarding with the transaction process. In this study, the writer used descriptive qualitative approach and used the conversation which is found in Blackberry Messenger (BBM) and LINE during transaction process which contain registers as the data. The findings shows that there are 45 transaction registers found that are used by the owner of Maryam_Project online shop and the customers. Then, the writer defines them into common and particular meaning. Then the writer finds out that register variables which consist of field, mode and tenor are important to be known since those describe how the topics, the function and the participant of the conversation built the context. The writer suggests the next researcher to expand the analysis of register and do more investigation on the reasons the use of specific register. So, the analysis and the knowledge of register could be more various and richer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/566/051706647
Uncontrolled Keywords: Sociolinguistics, Register, Register Variables, Online Shop, Maryam_Project Online Shop.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Jan 2018 03:13
Last Modified: 23 Oct 2020 05:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7705
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item