Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Mahasiswa Terhadap Pengambilan Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa S1 Ekonomi Islam Universitas Brawijaya Malang)

Nilamsari, Muthiarani (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Mahasiswa Terhadap Pengambilan Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa S1 Ekonomi Islam Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada umumnya masyarakat membutuhkan pengetahuan tentang sistem pada perbankan yang ada di Indonesia agar masyarakat tersebut dapat memilih perbankan apa yang akan mereka gunakan untuk mengelola dan menyimpan dana yang diperoleh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana faktor-faktor internal dari nasabah dapat mempengaruhi mereka dalam kegiatan untuk memutuskan pilihannya untuk menggunakan suatu jenis perbankan. Pasalnya, seberapa besar pengaruh eksternal yang diberikan kepada nasabah tentunya akan kembali lagi kepada seberapa besarnya presepsi dan pengetahuan nasabah akan informasi tentang perbankan yang akan digunakan serta pengaruh internal lain seperti ekonomi, keluarga, dan religiusitas sebelum nasabah tersebut akan memasuki tahap pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil penilitian yang menggunakan analisis regresi logistik ini diperoleh bahwa faktor presepsi, pengetahuan, keluarga, dan religiusitas dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih jenis perbankan. Sedangkan faktor ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih jenis perbankan.

English Abstract

In general, people need to know the insight of the banking system in Indonesia so that people can choose what banking system they will use to manage and save the funds obtained. The problem in this research is how internal factors of customers can influence them in activities to decide on their choice to use a certain banking system or banking type. External influences given to customers will certainly differs to how much perception and knowledge of the customers about the banking system and other internal influences such as economy, family, and religiosity that will affect the customers as they enter the decision-making stage. Based on the results of research obtained using logistic regression analysis it is found that the perception factor, knowledge, family, and religiosity can have a positive and significant impact on customer decisions in choosing banking types. While the economic factor does not significantly influence the decision of the customers in choosing the banking system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/738/051712604
Uncontrolled Keywords: Perbankan Syariah, Preferensi Mahasiswa, Regresi Logistik
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks > 332.17 Banking services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 02 Jan 2018 06:58
Last Modified: 25 Oct 2021 05:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7649
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (499kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 8. Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (838kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item