Analisis Peramalan Penjualan Dan Bisnis Model Dengan Pendekatan Bussines Model Canvas Pada Produk Pertanian Beras Organik Di Komunitas Brenjonk Desa Penanggungan, Trawas, Mojokerto

Prayoga, Reksa Nanda (2017) Analisis Peramalan Penjualan Dan Bisnis Model Dengan Pendekatan Bussines Model Canvas Pada Produk Pertanian Beras Organik Di Komunitas Brenjonk Desa Penanggungan, Trawas, Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini yang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat adalah produk pertanian organik terutama beras karena produk organik karena kaya akan nutrisi serta aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung zat – zat kimia. Dilihat dari fakta yang ada di lapangan bahwa produksi beras organik oleh pelaku usahatani lebih besar permintaannya daripada penawaran yang ada saat ini. hal ini terjadi karena banyaknya restoran-restoran cepat saji yang menggunakan beras organik sebagai pengganti beras konvensional. Bukan hanya itu saja, kesadaran masayarakat akan kesehatan semakin besar. Hal tersebut menyebabkan permintaan beras organik semakin meningkat, sedangkan untuk penawarannya masih belum mencukupi secara keseluruhan yang diminta oleh konsumen. Untuk saat ini saja permintaan atau kebutuhan pasar di Komunitas Organik Brenjonk mencapai 17.856 Kg sedangkan produksi hanya 11.036 Kg pada 2016. Stok beras organik Komunitas Organik Brenjonk sering kosong dan tidak sesuai dengan target penjualan, mengakibatkan target penjualan tidak dapat terpenuhi. Hal ini bukan berarti permintaan beras organik Komunitas Organik Brenjonk rendah, namun kapasitas produksi yang terbatas untuk memenuhi permintaan konsumen. selain itu, penetapan target penjualan tidak sesuai dengan perkembangan penjualan beras organik Komunitas Organik Brenjonk. Pada permasalahan tersebut, dibutuhkan perencanaan penjualan. Perencanaan penjualan dalam hal ini dapat dilakukan oleh Komunitas Organik Brenjonk. Peramalan penjualan dapat dilakukan untuk memprediksi volume penjualan yang lebih akurat sehingga mengetahui gambaran permintaan di tahun mendatang untuk membuat target penjualan yang lebih baik dan realistis, serta dibutuhkan strategi dengan membuat model bisnis beras organik Komunitas Organik Brenjonk. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) untuk menganalisi trend penjualan beras organik Komunitas Organik Brenjonk tahun 2014 – 2016, 2) untuk meramalkan volume penjualan beras organik Komunitas Organik Brenjonk tahun 2017 – 2018, 3) untuk membuat model bisnis beras organik Komunitas Organik Brenjonk sebagai strategi manajerial. Serta untuk strategi dalam menanggapi peramalan, dilakukan dengan membuat model bisnis kanvas dengan menganalisis kesembilan elemennya. Penelitian ini dilakukan di Komunitas Organik Brenjonk secara purposive dengan pertimbangan sebagai produsen beras orgnaik yang sedang berkembang. Metode analisis peramalan yang digunakan adalah sebagai berikut: 1) Analisis trend, 2) Analisis Musiman, 3) Metode Box Jenkins (ARIMA). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) hasil analisis trend volume penjualan beras organik Komunitas Organik Brenjonk menunjukkan bahwa volume penjualan mengalami peningkatan yaitu sebesar 882.2 Kg per periode atau 882.2 Kg dalam satu bulan. 2) Hasil analisis musiman menunjukkan volume penjualan beras organik Komunitas Organik Brenjonk dipengaruhi secara musiman. 3) peramalan volume penjualan beras organik Komunitas Organik Brenjonk yang paling signifikan menggunkan ARIMA (2,0,1). Berdasarkan hasil peramalan volume penjualan beras organik Komunitas Orgnaik Brenjonk, volume penjualan tertinggi pada bulan Juli secara berturut – turut yaitu sebesar 1063 Kg dan 1086 Kg. sedangkan volume penjualan beras organik Komunitas Organik Brenjonk terendah setiap tahunnya, terjadi pada bulan April yaitu sebesar 813 Kg pada tahun 2017 dan 818 Kg pada tahun 2018. 4) pada bisnis model kanvas keseluruhan elemen perlu perbaikan, customer segment dengan membuat program kerja dan kunjungan konsumen untuk menjalin hubungan baik, Value Preposition dengan mempertahankan kualitas dan membuat perencanaan harga yang lebih kompetitif serta riset produk, channels dengan membuat program kerja terkait kepuasan pelanggan dan meningkatkan pemasaran, customer relationship dengan mempertahankan komunikasi menggunakan konsep personal assistence, revenue stream diperuntukkan sebagai investasi dan perbaikan infrastrukutr produksi, distribusi dan aktivitas penjualan, key resources dengan memanajemen sarana produksi serta infrastruktur untuk menjaga kualitas serta mengelola sendiri sarana produksi beras organik Komunitas Organik Brenjonk, key activities dengan meningkatkan koordinasi internal, key partners perlu dilakukan penambahan jumlah partner (trader/distributor) dan perluasan pasar, dan pada elemen cost structure dengan mengelola sendiri sarana produksi atau meminimalisir biaya pengadaan sarana produksi.

English Abstract

Lately become a trend in society is organic agricultural products, especially rice, as organic its contains a lot of nutrients and safe for daily consumption. In fact, the result of organic rice produced bu farmer is less than market demand. This happened because most of fast food restaurants are use organic rice instead of no organic. Beside that, public awareness of health is getting bigger. So it causethe rising of organic rice demand, while there is no significant rising of organic rice supplies. At year 2016 the demands for organic rice in Organic Community of Brenjonk reaches 7.856 Kg while the supplies are only 11.036 Kg. frequently is there is no stock of in Brenjonk Organic Community, resulting unfulfilled sales targets. It does not mean that organic rice demands for Organic Community in Brenjonk is low, the production of organic rice is very limited. In addition, in the arrangement of sales does not match the development of organic rice sales in Organic Community of Brenjonk. To solve these problems, it need sales planning. Sales planning can be done by Brenjonk Organic Community. Sales forecasting can be done to predict more accurate sales volume. We can obtain the oerview of demand on the coming year by using sales forecasting to create a better and more realistic strategy company. This company strategy is needed by to create a business model of organic rice products in the Organik Community of Brenjonk. The purpose of this study are as follows: 1) to analyze the organic rice sales trend of Brenjonk Organic Community in 2014-2016, 2) to forecast the organic rice sales volume of Brenjonk Organic Community of 2017-2018, 3) to create organic rice Business Model Organik Community Brenjonk as a managerial strategi. As well as for strategies forecasting responses, is done by creating a Canvas Business Model by analyzing all nine elements. This research was conducted in the Organic Community of Brenjonk purposively woth consideration as a growing organic rice producers. Forecasting analysis method used is as follows: 1) trend analysis, 2) seasonal analysis, 3) Box-Jenkins Method (ARIMA) The result of the study are as folows: 1) result of trend analysis of selling volume of organic rice in Organic Community Brenjonk showed that sales volume an increased spesipically 882.2 Kg per period or 882.2 in one month. 2) seasonal analysis result show that the organic rice sales volume in Brenjonk Organic Community is seasonally influenced. 3) forecasting the volume of organic rice sales of Organic Community in Brenjonk most significantly using ARIMA (2,0,1). Based on the result of the organic sales volume forecast in Brenjonk, the highest sales volume in July at 163 Kg and 1086 Kg. while the organic rice production volume of organic community of Brenjonk is the lowest every year, occurs in April which is 813 Kg in 2017 and 818 Kg in 2018. In Business Model Canvas there are all elements needed to improve, there is customer segment by making the work program and visits customer to establish a good relationship, value preposition by maintain quality and make planning more competitive proces and research products, channels by creating work programs related customer satisfaction and improving of marketing strategies, customer relationship by maintaining communicaion using the concept of personal assistance, revenue stream is designatef as an investment an dimprovement of production infrastructure, distribution and sales activities, key resources by managing production facilities and infrastructure to maintain the quality and manage their own organic rice production facilities Brenjonk Organic Community, key activities by improving internal coordination, key partners need to be added number of partners (trader/distributor) and market expansion, and on the element of cost structure by self-managing production facilities or minimizing the cost of procurement of production.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/969/051712165
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting > 631.58 Special methods of cultivation > 631.584 Organic farming
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:51
Last Modified: 18 Dec 2020 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7471
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item