Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. GO-JEK Indonesia, dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Alamzah, Dhani (2017) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. GO-JEK Indonesia, dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis menuntut para produsen berpikir kreatif dalam mengembangkan produk maupun jasa yang dimiliki, dan juga membentuk strategi menarik perhatian konsumen untuk menggunakan produknya daripada milik pesaing. Persaingan bisnis juga dialami oleh jasa transportasi ojek online, yaitu GO-JEK Indonesia yang tidak selalu diterima dengan baik oleh masyarakat. Pemberitaan negatif mengenai aksi penolakan yang dilakukan oleh jasa transportasi konvensional, review negatif dari konsumen, ditambah dengan bertambahnya jumlah pesaing membutuhkan adanya strategi yang tepat dari GO-JEK untuk mendapatkan hati konsumen. Pembentukan citra positif yang dilakukan oleh perusahaan melalui beragam kegiatan seperti CSR maupun sponsorship, dianggap sebagai strategi yang tepat untuk mendapatkan hati konsumen agar menggunakan jasa yang dimiliki. Usaha dalam membentuk citra yang baik, akan dianggap berhasil apabila diiringi pula dengan kepercayaan konsumen di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari brand image terhadap keputusan pembelian, dengan mengidentifikasi peran dari brand trust sebagai variabel intervening di antara keduanya. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 220 responden yang terdiri dari mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Hasil dari penelitian dengan menggunakan PLS (Partial Least Square) menunjukkan adanya pengaruh dari variabel brand image terhadap keputusan pembelian, dengan brand trust sebagai variabel intervening di dalam hubungannya sebesar 58,54%, sehingga hipotesis dapat diterim

English Abstract

Market competition demands the producer to think more creatively to develop the product or service, and also devise some of new strategies to attract customer's attention so they will use the producer's product over the competitors. Market competition also happened on GO-JEK Indonesia as one of the most famous online taxibike in Indonesia, which is not always get good responses from every customers. Bad reviews from customer, the rejection from conventional's public transportation, and also the amount of competitors that increased, need to be solved by some of good strategies from GO-JEK in order to get customer's heart. Creating good image from organizing some events like CSR, is possibly become good strategy that could get the customer's heart back so they will use GOJEK's service over the other competitors. The purpose of this study is to analyze the impact of brand image on customer purchase decision as well as identifying the intervening role of brand trust in the relationship between brand image with customer purchase decision. This study was conducted on 220 respondents from Brawijaya University Malang. The results based on data analysis which is used PLS (Partial Least Square) as the research method revealed that brand image have a significant role in influencing the customer purchase decision and brand trust also turned out to be the intervening variable between them in the amount of 58,54%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/665/051711588
Uncontrolled Keywords: brand image, keputusan pembelian, brand trust, GO-JEK, brand image, purchase decision, brand trust, GO-JEK.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Dec 2017 03:18
Last Modified: 04 Sep 2020 04:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7092
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item