Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembelian Ikan Koi Di TD Koi Farm, Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur

Ningtyas, Kesuma (2017) Pengaruh Media Sosial Terhadap Pembelian Ikan Koi Di TD Koi Farm, Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi sektor perikanan Kabupaten Blitar sangat menjanjikan terutama pada ikan hias koi. Sehingga setiap menyebut ikan hias koi pasti mengarah ke Blitar sebagai salah satu produksi ikan hias berkualitas. Pemasaran merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ikan koi ini karena pemasaran merupakan inti dari sebuah usaha yang dijalankan. Persaingan yang semakin ketat antar pembudidaya mengharuskan pembudidaya untuk meningkatkan teknik pemasaran agar memperoleh hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan hasil atau keuntungan yang maksimal maka pembudidaya perlu memperhatikan salah satu aspek bauran pemasaran yaitu aspek promosi. Promosi ini merupakan salah satu aspek yang dapat menaikkan volume penjualan karena dapat menarik minat beli konsumen sehingga memutuskan untuk membeli ikan koi tersebut. Penggunaan media sosial dapat memberikan kemudahan dalam proses promosi karena jangkauan promosi dari media sosial ini sangat luas. Hal tersebut juga didukung dengan jumlah penggunaan internet di Indonesia yang meningkat setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengenai profil dari Td Koi Farm, faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ikan koi dan pengaruh media sosial terhadap pembelian ikan koi. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 35 orang yang merupakan konsumen dari Td Koi Farm. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017 di Td Koi Farm Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Data sekunder didapatkan dari berbagai sumber yaitu diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif naratif untuk menjawab tujuan profil Td Koi Farm dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan untuk tujuan pengaruh media sosial terhadap pembelian digunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan analisis regresi berganda. Td Koi Farm merupakan usaha ikan hias koi yang didirikan oleh bapak Sutadi yang berlokasi di Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar sejaka tahun 1993. Jenis ikan koi yang dijual di Td Koi Farm ini adalah seperti koi jenis kohaku, shoa, sanke, kojaku, tanco dan lain-lain. Kualitas yang ditawarkanpun beragam mulai dari kualitas super, kualitas A, kualitas B dan juga kualitas C. Td Koi Farm ini sudah melakukan pengiriman seindonesia seperti ke pulau Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Papua. Ada 2 faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ikan koi di Td Koi Farm yaitu faktor internal (motivasi) dan faktor eksternal (harga, produk, lokasi, promosi dan pelayanan) dari konsumen itu sendiri. Faktor internal merupakan faktor pendorong yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yang berasal dari dalam diri konsumen itu sendiri. Motivasi konsumen ini didorong oleh rasa ketertarikan akan ikan hias itu sendiri serta untuk memenuhi kepuasan serta kebutuhan pribadi masing-masing konsumen. Faktor eksternal dalam mempengaruhi faktor yang berasal dari luar diri konsumen. Harga yang sesuai dengan kualitas ikan yang ditawarkan menjadi suatu faktor yang menentukan keputusan pembelian konsumen. Produk dengan kualitas yang baik dan juga dengan berbagai pilihan jenis ikan koi merupakan salah satu faktor. Lokasi yang mudah dijangkau serta pelayanan dari pemilik terhadap konsumen saat melakukan negosiasi ataupun pembelian merupakan hal-hal yang mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh media sosial (facebook, whatsapp dan gabungan) memberikan pengaruh terhadap pembelian sebesar 50,7 % sedangkan sisanya berasal dari variabel lain. Variabel Facebook, Whatsapp dan Gabungan secara simultan berpengaruh secara nyata dengan F hitung 10,637 dan nilai sig F sebesar 0,000. Variabel Facebook secara parsial berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,336 dan tingkat signifikansi sebesar 0,026. Variabel Whatsapp secara parsial berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,143 dan tingkat signifikansi sebesar 0,040. Variabel Gabungan secara parsial berpengaruh nyata terhadap pembelian dengan t hitung sebesar 2,018 dan tingkat signifikansi sebesar 0,052. Saran yang dapat diberikan pada Td Koi Farm ini adalah dengan semakin maraknya media sosial saat ini, akan lebih baik bila pemilik Td Koi Farm juga menggunakan instagram untuk membantu dalam mepromosikan ikan koi yang dijual agar volume pembelian semakin meningkat.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/553/051707007
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Dec 2017 01:32
Last Modified: 19 Nov 2020 06:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6990
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item