An Analysis of Students’ Error in Using Modal Auxiliary in The Second Year Students of SMP Negeri 2 Wagir.

Septiyanto, Aditya Wahyu (2017) An Analysis of Students’ Error in Using Modal Auxiliary in The Second Year Students of SMP Negeri 2 Wagir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Modal auxiliary adalah sekumpulan kata yang digunakan untuk memberikan ungkapan seperti keharusan dan kemungkinan. Oleh karena itu modal auxiliary diajarkan di sekolah. Modal auxiliary merupakan salah satu hal yang menyulitkan dalam hal grammar bagi siswa yang belajar hahasa Inggris sebagai bahasa asing yang membuat siswa cenderung melakukan error. Untuk itu peneliti mengajukan rumusan masalah untuk menemukan jenis error dan sumber dari error tersebut kemudian membuat persentase dari masing masing rumusan masalah tersebut. Desain deskriptif kuantitatif di pilih untuk membantu peneliti menemukan jenis error dan sumber error yang di buat oleh siswa dalam menggunakan modal auxiliary dan membuat persentasenya. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut peneliti menggunakan teori surface surgery taxonomy dan teori error berdasarkan intralingual error. Peneliti menggunakan tes melengkapi dengan isian singkat yang terdiri dari 30 pertanyaan yang kemudian di isi oleh siswa tingkat dua dari SMP Negeri 2 Wagir yang diisi oleh 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan jenis error yang dibuat para siswa adalah misformation 73,54%, omission 16,97%, addition 8,89%, dan misordering 0,61%. Sedangkan sumber dari error yang dibuat siswa dalam menggunakan modal auxiliary adalah and false concept hypothesized 52,42%; ignorance of rule restriction involves the application of rules to context where they do not apply 40,32%; dan incomplete application of rules involves a failure to fully develop a structure 7,26%. Ada beberapa saran yang diberikan oleh peneliti: guru seharusnya mencoba untuk menemukan cara mengajar yang lebih baik untuk mengajarkan modal auxiliary; siswa seharusnya berlatih lagi untuk menggunakan modal auxiliary; bagi peneliti selanjutnya sebaiknya meneliti tentang bagaimana cara mengajarkan modal auxiliary dengan baik; untuk pembaca dapat mempelajari lebih lanjut tentang modal auxiliary dalam hal fungsi dan cara menyusunnya didalam kalimat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/400/051705614
Uncontrolled Keywords: Modal Auxiliary, Error, Error Analysis.
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.302 81 Techniques of study
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jul 2017 03:51
Last Modified: 08 Dec 2020 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/699
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Actions (login required)

View Item View Item