Pengaruh Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen So Good Fish Nugget Di Malang Olympic Garden (MOG)

Chaereni A, Galuh (2017) Pengaruh Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen So Good Fish Nugget Di Malang Olympic Garden (MOG). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS Al Baqarah: 168). “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya”. (QS Al-Maidah [5]: 88).Di era globalisasi pada saat ini, perkembangan zaman yang semakin modern ditandai dengan berkembang pesatnya teknologi dan ilmu pengetahuan menyebabkan masyarakat lebih konsumtif dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perusahaan berlomba-lomba dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang semakin beragam. Setiap perusahaan atau produsen dituntut untuk meningkatkan pangsa pasar agar mendapat perhatian dari konsumen. Produsen harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat salah satunya yaitu harga dan brand image. Penetapan harga yang tepat dan pemberian brand image atau citra merek yang baik dapat memenangkan persaingan antara perusahaan. Produsen juga harus melihat dampak yang diberikan oleh harga dan brand image terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian. Salah satu produk fish nugget yaitu So Good Fish Nugget. Pesaing dari produk fish nugget tidak hanya satu. Maka penulis ingin mengetahui pengaruh harga dan brand image terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen produk So Good Fish Nugget di Malang Olympic Garden (MOG). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Harga dan Brand Image terhadap keputusan pembelian pada produk So Good Fish Nugget, menganalisis pengaruh Harga dan Brand Image terhadap kepuasan konsumen pada produk So Good Fish Nugget, menganalisis pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen pada produk So Good Fish Nugget. Penelitian ini dilakukan selama 7 hari pada tanggal 17 April 2016 sampai 23 April 2017 di Malang Olympic Garden (MOG) Kota Malang. Jenis Penelitian Explanantory.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner, wawancara, dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat berdasarkan data kuisioner, wawancara, observasi dan data sekunder yang didapat dari buku, jurnal dll. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling karena tidak diketahu populasinya yang dihitung menggunakan rumus Linier Time Function, sehingga didapatkan sampel 120 responden. Metode yang diguanakan untuk menganalisis adalah Structural Equation Modelling (SEM). Giant dulunya merupakan sebuah toko bahan makanan sederhana pada tahun 1994 di Kuala Lumpur Malaysia. Giant menawarkan berbagai macam produk makanan dengan harga termurah dan dikenal dengan reputasi tinggi di mata pelanggan karena menawarkan berbagai macam produk dengan harga murah. Pada tahun 2002, Giant sudah mulah membuka cabang di Indonesia. Salah satu gerai Giant berada di Mall Olympic Garden (MOG) Kota Malang yang merupakan salah satu Mall terbesar di Malang. So Good fish nugget merupakan salah satu makanan praktis yang menyajikan nugget berbahan dasar ikan Tilapia. Produk So Good Fish nugget diolah secara higienis melalui proses yang modern dan melalui pengawasan mutu yang ketat. Produk So Good fish nugget mempunyai bentuk ukuran yang lumayan besar dan memiliki tekstur yang lembut. Hasil penelitian yaitu pada evaluasi model pengukuran (outer model) terdapat beberapa langkah pengujian yaitu uji validitas konvergen, validitas diskriminan dan reliabilitas. Dapat disimpulkan bahwa pada setiap uji validitas konvergen maupun uji validitas diskriminan setiap variabel harga, brand image, keputusan pembelian dan kepuasan konsumen memiliki nilai diatas 0,5 yang berarti telah memenuhi kriteria validitas konvergen maupun diskriminan. Begitu pula untuk uji reliabilitas, setiap variabel harga, brand image, keputusan pembelian dan kepuasan konsumen telah memenuhi kriteria reliabilitas dengan nilai di atas 0,7. Untuk evaluasi selanjutnya yaitu evaluasi inner model yang terdiri dari APC, ARS, AVIF dan R2. Pada uji inner model pada APC dan ARS harus memiliki nilai P value di bawah 0,05 yang berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa APC dan ARS signifikan dan AVIF harus dibawah 5 dikatakan tidak terjadi multikolinearitas. variabel harga berpengaruh signifikan dan positif sebesar 0,17 dan p value =0,01 terhadap keputusan pembelian. Variabel harga berpengaruh signifikan dan positif sebesar 0,43 dan p value <0,01 terhadap kepuasan konsumen. Variabel brand image berpengaruh signifikan dan positif sebesar 0,18 dan p value <0,01 terhadap kepuasan konsumen. Variabel keputusan pembelian berpengaruh signifikan dan positif sebesar 0,30 dan p value <0,01 terhadap kepuasan konsumen. Hasil dari koefisien determinasi dari keputusan pembelian (R2 dari Y1) sebesar 0,086 yang berarti harga dan brand image mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 0,086 atau 8,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil koefisien determinasi kepuasan konsumen (R2 dari Y2) mempunyai nilai sebesar 0,498 atau 49,8% yang berarti harga, brand image dan keputusan pembelian mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 49,8% dan sisanya dipengaruhi variabel lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Harga, brand image berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan keputusan pembelian berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pertimbang untuk PT. So Good dalam mempertimbang strategi-strategi untuk memperluas pangsa pasar sehingga dapat meningkatkan frekuensi pembelian. Diharapkan juga untuk penelitian selanjutnya dapat memperluas variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen karena pada penelitian ini hanya terpaku pada variabel harga dan brand image.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/556/051707010
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Dec 2017 01:13
Last Modified: 12 Oct 2020 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6986
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item