Representasi Identitas Wirausahawan dalam Iklan Situs Jual Beli Online Tokopedia di Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Tokopedia Versi “Ciptakan Peluangmu” dan “Berani Memulai, Berani Berusaha).

Luthfiyah, Kartika (2017) Representasi Identitas Wirausahawan dalam Iklan Situs Jual Beli Online Tokopedia di Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Tokopedia Versi “Ciptakan Peluangmu” dan “Berani Memulai, Berani Berusaha). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan televisi saat ini mengalami pergeseran dengan tidak hanya berfokus kepada produk, akan tetapi juga menggambarkan hubungan antara pengguna dan produk. Disamping itu, modernisasi menciptakan adanya standarstandar tertentu pada masyarakat. Hal ini mengakibatkan nilai-nilai di masyarakat yang diangkat ke dalam iklan juga membentuk standar dalam penggambarannya. Pembentukan standar tersebut dilakukan melalui scripted identity. Tokopedia merupakan salah satu perusahaan yang ingin menciptakan standar tersebut dengan mengangkat realita sosial dalam iklannya. Sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia menggambarkan iklannya dengan menampilkan sosoksosok wirausahawan sebagai pembuktian bahwa wirausahawan juga merupakan sosok yang memiliki standar. Tokopedia juga menggambarkan sosok wirausahawan dengan membandingkannya dengan non-wirausahawan. Menimbulkan adanya dominasi dalam penggambaran dalam iklan. Tujuan dari peneilitian ini adalah untuk melihat bagaimana sosok wirausahawan direpresentasikan dalam iklan Tokopedia versi “Ciptakan Peluangmu” dan “Berani Memulai, Berani Berusaha” sebagaimana kajian Cultural studies yaitu berupaya membongkar adanya dominasi dalam sebuah teks praktik budaya. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Teknik tersebut digunakan untuk menganalisis adegan-adegan dalam iklan yang menggambarkan sosok wirausahawan. Dalam penelitian ini menggunakan prinsip sinematografi untuk menelaah lebih dalam makna-makna yang terkandung dalam iklan baik yang tersirat maupun tersurat. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa sosok wirausahawan dalam kedua iklan Tokopedia ini digambarkan sebagai sebuah pekerjaan yang sangat ringan dan dilakukan tidak dengan „tangan kotor‟. Selain itu digambarkan juga profesi wirausahawan adalah profesi tanpa resiko dan mendekatkan seseorang dengan kesuksesan.

English Abstract

Television commercial (TVC) is currently shifting by not only focusing on products, but also illustrating the relationship between users and products. In addition, modernization creates the existence of certain standards in society. It impacts to TVCs which adopting a social values, turn out forming a standard in its portrayal. Construction of such standards is done through scripted identity and scripted action in TVCs. Tokopedia is one company that wants to create the standard by adopting social reality in its commercials. As the largest marketplace in Indonesia, Tokopedia showing its TVCs by protraying success entrepreneurs as proof that entrepreneurs are also a standardized figure. In its TVCs, Tokopedia also describes the entrepreneur's figure by compare it with non-entrepreneurs. But it turn out showing how an entrepreneurs are dominating in its commercials. The purpose of this study is to see how the entrepreneur's figure is represented in Tokopedia TVCs version of "Ciptakan Peluangmu" and "Berani Memulai, Berani Berusaha". As cultural studies do, it attempt to dismantle the dominance in a text of cultural practice This research is qualitative descriptive type using Roland Barthes semiotics analysis technique. The technique is used to analyze scenes in Tokopedia TVCs which depicting entrepreneurs. In this study using the principle of cinematography to examine more deeply the meanings contained in the advertisement either implied or explicit. This study found that the figure of entrepreneurs in both Tokopedia ads is described as a very easy to do and can be done without 'dirty hands'. Besides, it is also described the entrepreneurs is a profession without risk and bring someone closer to success.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/493/051705803
Uncontrolled Keywords: Semiotika Barthes, iklan, cultural studies, realita sosial, representasi, identitas, wirausahawan, Tokopedia
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.234 Motion pictures, radio, television > 302.234 5 Television
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 27 Jul 2017 03:16
Last Modified: 22 Nov 2020 10:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/694
[thumbnail of Kartika Luthfiyah.pdf] Text
Kartika Luthfiyah.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item