Analisis Penerapan Green Marketing pada Produk NaoOgst Cigar Sebagai Strategi Pemasaran Internasional (Studi pada PTPN X)

Ajizah, Nuris (2017) Analisis Penerapan Green Marketing pada Produk NaoOgst Cigar Sebagai Strategi Pemasaran Internasional (Studi pada PTPN X). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan yang menerapkan green marketing sebagai strategi pemasarannya, dianggap lebih mudah dalam membangun citra positif perusahaan. Terlebih ketika perusahaan yang menerapkan green marketing adalah perusahaan dengan produk yang dipasarkan di pasar internasional, maka secara otomatis green marketing akan diterapkan sebagai strategi pemasaran internasional dalam menjangkau pasar internasional. Sama halnya yang dilakukan oleh PTPN X yang menerapkan green marketing sebagai strategi pemasaran internasional pada produk tembakau cerutu NaoOgst Cigar yang menjadi komoditi unggulan untuk di ekspor ke beberapa negara di Eropa. Produk tembakau cerutu ini banyak diminati pasar internasional selain karna kualitasnya yang tinggi juga karena tembakau cerutu ini menerapkan pemasaran hijau sebagai manajemen pemasarannya. Penelitian ini Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber wawancara adalah Bapak Bambang selaku kepala urusan pemasaran divisi tembakau, Ibu Indah selaku asisten urusan pemasaran divisi tembakau, dan Bapak Aris selaku kepala urusan produksi divisi tembakau. Analisa data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi data dalam menghasilka keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PTPN X telah menerapkan green marketing dengan baik apabila ditinjau dari bauran pemasaran, yakni produk, saluran distribusi, promosi, dan harga. Hal ini dibuktikan melalui proses pengolahan yang mengutamakan keramahan demi keberlangsungan lingkungan dan proses produksi yang mengutamakan proses secara manual demi mengurangi penggunaan bahan bakar dan polusi yang dihasilkan.

English Abstract

Companies that implement green marketing as a marketing strategy, is considered easier in building a positive image of the company. Especially when companies that implement green marketing is a company with products that are marketed in the international market, it will automatically apply green marketing as an international marketing strategy in reaching the international market. Similarly, PTPN X is implementing green marketing as an international marketing strategy on NaoOgst Cigar tobacco products that are excellent commodities for export to several countries in Europe. Cigar tobacco products are much in demand international market in addition to its high quality is also because tobacco cigar is implementing green marketing as marketing management. Type of this research is descriptive research with qualitative approach. As the data collection method this research uses observation, interview and documentation. Interview informant is Mr. Bambang as head of marketing division of tobacco division, Mrs. Indah as assistant of marketing affairs of tobacco division, and Mr. Aris as head of production affairs of tobacco division. Data analysis in this research is using data triangulation method to examine validity of data. The results of this research shows that PTPN X has applied green marketing as well when viewed from the marketing mix, namely product, distribution channel, promotion, and price. This is evidenced through a processing process that prioritizes eco friendly for the sake of environmental sustainability and production processes that prioritize manually process in order to reduce fuel usage and pollution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1055/051711500
Uncontrolled Keywords: Green Marketing, Strategi Pemasaran Internasional
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Dec 2017 01:13
Last Modified: 31 Jan 2024 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6900
[thumbnail of NURIS AJIZAH.pdf] Text
NURIS AJIZAH.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item