Pengaruh Celebrity Endorser Dalam Iklan Terhadap Purchase Intention Produk Oppo F1s Selfie Expert Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Anggarsito, Risad Sidiq (2017) Pengaruh Celebrity Endorser Dalam Iklan Terhadap Purchase Intention Produk Oppo F1s Selfie Expert Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorser dalam iklan terhadap purchase intention pada Oppo F1s Selfie Expert pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang dimediasi oleh brand image. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 148 responden yang merupakan mahasiswa FEB-UB yang sudah pernah melihat iklan Oppo F1s Selfie Expert. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan software smartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser dalam iklan apabila ditingkatkan, maka akan meningkatkan purchase intention. Variabel celebrity endorser dalam iklan apabila ditingkatkan, maka akan meningkatkan brand image. Variabel brand image apabila ditingkatkan, maka akan meningkatkan purchase intention. Variabel celebrity endorser dalam iklan melalui brand image memberikan dampak positif pada purchase intention.

English Abstract

This study aims to examine and analyze the influence of celebrity endorser in advertising on the purchase intention of students toward Oppo F1s Selfie Expert mediated by brand image. Using purposive sampling method with non-probability sampling technique, 148 students in the Faculty of Economics and Business in University of Brawijaya who have seen Oppo F1s Selfie Expert advertisement were selected as the sample of this explanatory research. This research uses primary and secondary data, which were collected through questionnaires and analyzed using smartPLS 3.0. The results of this study indicate that improved celebrity endorsement in advertisement can increase purchase intention. Enhanced celebrity endorsement in advertisement can increase brand image. Enhanced brand image can increase purchase intention. The variable of celebrity endorser in advertisement gives positive impact on purchase intention through brand image.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/550/051710534
Uncontrolled Keywords: celebrity endorser, brand image, purchase intention, celebrity endorser, brand image, purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Dec 2017 02:34
Last Modified: 28 Sep 2020 19:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6680
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item