Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada para siswa SMAN 15 Surabaya yang menggunakan Laptop ber-merek Asus)

Kurniawan, Firman (2017) Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada para siswa SMAN 15 Surabaya yang menggunakan Laptop ber-merek Asus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh citra pemakai terhadap keputusan pembelian: (3) pengaruh citra produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 61 responder yang merupakan para siswa SMAN 15 Surabaya yang rnenggunakan Laptop ber-merek Asus dengan menggunakan tehnik sampel jenuh, Metode pengumpulan data yang digunakan dahm penelitian ini adalah kuisioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi Tinier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil uji diperoleh hasil bahwa terdapat satu variabel yang berpengaruh signifikan secara parsial yaitu citra produk (X3) dengan nilai signifikansi probabilitas a sebesar 0.000 < 0,05 sedangkan nilai yaitu 8,806 > 1,67. Sementara itu didapati 2 variabel yang tidak berpengaruh signifikan secara parsial karena nilai signifikansi yang lebih dari 0,05 dan nilai thitiing yang lebih kecil dari ti. Kedua variabel tersebut yaitu variabel citra perusahaan (XL) dengan hash penghitungan uji t diperoleh nilai signifikansi probabilitas a sebesar 0,710 > 0.05 sedangkan nilai thituna < tobel yaitu 0,374 < 1,67, dan variabel yang kedua ialah citra pemakai (X2) dengan hasil penghitungan uji t diperoleh nilai signifikansi probabilitas a sebesar 0.537 > 0,05 sedangkan nilai t -hittung < tabel yaitu 0,620 < 1.67. Dapat ditarik kesimpulan bahwa hanya terdapat satu variabel yang mempunyai pengaruh signifikan secara parsial yaitu citra produk (X3), sedangkan ada dua variabel yang berpengaruh tidak signifikan yaitu variabel citra perusahaan (X9) dan citra pemakai (X,). Terdapat variabel dominan yang mempengarulii variabel terikatnya yaitu variabel citra produk (X3) dengan perolehan nilai thiturtg tertinggi sebesar 8,806 > 1.67: nilai signifikansi terendah sebesar 0,000 < 0.05 dan nilai koefisien beta tertinggi sebesar 0.974.

English Abstract

This study aims to analyze and explain: (1) the influence of corporate image on purchasing decisions; (2) the influence of user image on purchasing decision: (3) influence of product image to decision of purchase. This research uses explanatory research type with quantitative approach. The sample used is 61 responders who are the students of SMAN 15 Surabaya who use Asus brand laptop using saturated sample technique, Data collection method used dahm this research is questionnaire. Data analysis used in this research is descriptive analysis and multiple regression analysis of Tinier. The results of this study indicate that: Based on the results of the test results show that there is one variable that has a significant effect partially that is the product image (X3) with a significance value of a significance of 0.000 <0.05 while the value is 8.806> 1.67. Meanwhile, there were 2 variables which had no significant effect partially because the significance value was more than 0.05 and the thitiing value was smaller than ti. The two variables are the corporate image variable (XL) with the t test hash hash obtained value of probability significance a of 0.710> 0.05 while the value of thituna <tobel is 0.374 <1.67, and the second variable is the user image (X2) with the result of the test count t obtained the value of probability a significance of 0.537> 0.05 while the value of t-hittung <table is 0.620 <1.67. It can be concluded that there is only one variable that has a significant influence partially that is product image (X3), whereas there are two variables that have insignificant effect that is corporate image image (X9) and user image (X,). There are dominant variable that affect the dependent variable that is product image variable (X3) with highest thiturtg value is 8,806> 1.67: the lowest significance value is 0.000 <0.05 and the highest beta coefficient value is 0.974

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1117/051712136
Uncontrolled Keywords: Citra Merek dan Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Dec 2017 01:28
Last Modified: 16 Oct 2020 02:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6475
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item