Amelia, Tiara (2017) Hikmah & Mau’izhah Hasanah As Communication (Studi Fenomenologi Pada Praktik Komunikasi Instruksional Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiah Hidayatul Mubtadiin, Desa Cimerak, Jawa Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam penelitian ini melihat bagaimana proses komunikasi instruksional dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiah Hidayatul Mubtadiin berlangsung. Dari hasil wawancara dengan informan guru, diketahui pembelajaran aqidah akhlak lebih sering mengunakan metode hikmah dan mau’izhah hasanah sebagai praktik komunikasi instruksional untuk membuat siswanya mengerti dan dapat menerapkan pembelajaran aqidah akhlak. berdasarkan temuan-temuan data dalam penelitian ini terdapat lima pokok data yaitu, pengalaman mengajar dan belajar guru, pandangan guru terhadap siswa, pemahaman guru tentang aqidah akhlak, metode dalam pembelajaran aqidah akhlak, dan pesan instruksional dalam pembelajaran aqidah akhlak. Kemudian di dalam pembahsan membahas tentang ilmu untuk amal: pemahaman guru dalam pembelajaran aqidah akhlak, hikmah dan mau’izhah hasanah sebagai bentuk komunikasi instruksional, dan mumayyiz baligh sebagai landasan pemilihan metode dalam pembelajaran aqidah akhlak. Pembahasan tersebut kemudian dibandingkan dari perspektif Barat dengan perspektif Islam. Pada penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi yaitu proses data yang dihasilkan berdasarkan pengalaman sadar guru tentang pembelajaran aqidah akhlak. teknik pengumpuln data dengan menggunakan observasi dan wawancara.
English Abstract
In this research see how the process of instructional communication in learning aqidah morals in Madrasah Ibtidaiah Hidayatul Mubtadiin take place. From the results of interviews with teacher informants, known to learn aqidah morals more often use the method of hikmah and mau'izhah hasanah as instructional communication practice to make students understand and can apply learning aqidah akhlak. based on the findings of data in this study there are five data points, namely, teaching and learning experiences of teachers, teachers 'views of students, teachers' understanding of moral aqidah, methods of learning aqidah akhlak, and instructional messages in learning aqidah akhlak. Then in pembahsan discuss about science for charity: understanding of teachers in learning aqidah akhlak, wisdom and mau'izhah hasanah as a form of instructional communication, and mumayyiz baligh as a means of teaching in learning aqidah akhlak. The discussion then goes from a Western perspective to an Islamic perspective. In this research is qualitative research by using Phenomenology approach that is process of data which is generated based on teacher learning experience about learning aqidah akhlak. data collection techniques using observation and interview.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/1020/051711936 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Instruksional, Aqidah Akhlak, Madrasah, Hikmah, Mau’izhah Hasanah, Fenomenologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 30 Nov 2017 07:50 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6315 |
![]() |
Text
Tiara Amelia.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |