Oleh Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Minuman Sari Buah Apel

Kurnia, M Arief Rindang (2017) Oleh Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Minuman Sari Buah Apel. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi Kota Batu sebagai produsen apel terbesar di Jawa Timur berdampak kepada perkembangan industri pengolahan apel yang semakin meningkat. Banyaknya industri pengolahan apel di Kota Batu menjadikan persaingan pada bidang ini semakin kompetitif. Berbagai produk olahan apel tercipta dan dijual di masyarakat, salah satunya adalah sari apel. Sari apel BROSEM merupakan salah satu merek sari apel yang diperjual-belikan di masyarakat. dalam perkembangannya sebagai industri pengolahan apel, sari apel BROSEM menemui berbagai tantangan, salah satunya adalah tantangan produk dari kompetitor. Untuk mempertahankan posisi sari apel BROSEM di pasar, diperlukan sebuah strategi pemasaran yang mumpuni. Terdapat berbagai strategi pemasaran yang ada, salah satu strategi pemasaran yang dapat diterapkan adalah dengan menguatkan ekuitas merek suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh secara bersama-sama dan parsial dari variabel ekuitas merek (brand equity) yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen produk minuman sari buah apel dengan merek BROSEM serta untuk mengetahui variabel apa yang memiliki kontribusi paling besar (dominan) terhadap keputusan pembelian sari apel BROSEM dari keempat variabel ekuitas merek tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan syarat menjadi sampel adalah pernah mengkonsumsi produk minuman sari buah apel merek BROSEM dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden yang melakukan pembelian sari apel BROSEM di lokasi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda yang diolah menggunakan software SPSS ver.16 for windows. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ekuitas merek yang terdiri dari variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek minuman sari apel BROSEM memberikan pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai

English Abstract

Batu city’s potential as the largest apple producer in East Java have an impact in the development of apple processing industry. The huge number of apple processing industry in Batu city makes the competition quite hard in this field. Many various processed apple products are created and sold in the community, one of them is apple cider. Sari apel BROSEM is one of apple cider brand that sold in community. In its development as an apple-processing industry, sari apel BROSEM encountered various problems, one of those problem is to challenge a product from competitors. To maintain and secure sari apel BROSEM position in the market, a qualified marketing strategy is needed. There are various marketing strategies that exist, one of those strategies that can be applied is to strengthen the brand equity of a product. This study aims to analyze and explain the simultant and partial effects of brand equity variables consisting of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty toward consumer purchasing decision of sari apel BROSEM brand and to know what variables have a dominant effect toward consumer purchasing decision of sari apel BROSEM judging from the four variables of the brand equity. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The sample used in this study amounted to 100 people with the requirement of consuming the product in the last 6 months before. The research instrument used in this research is questionnaires and distributed to respondents who purchased sari apel BROSEM at the location. The analytical tool used in this research is multiple linear regression processed using SPSS software ver.16 for windows. The results of this research explain that brand equity consisting of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty of sari apel BROSEM give a significant impact simultaneously to consumer purchasing decision. This is evidenced by the value Fcount>Ftable (28,918 > 2.47). While in partial test (t test), the result that brand awareness and brand association do not have an impact on consumer purchasing decision of sari apel BROSEM. Furthermore, brand loyalty variable gives dominant role in consumer purchasing decisions of sari apel BROSEM. R Square value obtained in this research are .549. This means that the contribution of brand equity variables consisting of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty contributes to consumer purchasing decisions about 54.9%, while the remaining 45.1% is influenced by other variables that are outside of the model and not researched in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/699/051710915
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:44
Last Modified: 10 Oct 2022 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6186
[thumbnail of M ARIEF RINDANG KURNIA.pdf] Text
M ARIEF RINDANG KURNIA.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item