Pengaruh Promosi Melalui Iklan Online Dan Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ayam Goreng Miami Chicken

Anggraeni, Wiwi (2017) Pengaruh Promosi Melalui Iklan Online Dan Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ayam Goreng Miami Chicken. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan internet sudah digunakan untuk mempromosikan barang maupun jasa. Promosi menggunakan media sosial dapat menjangkau konsumen secara luas dengan biaya yang murah. Pengguna internet yang dari tahun ke tahun meningkat menjadi pendukung terlaksananya promosi online oleh perusahaan-perusahaan. Dari tahun 2012 hingga 2017 Miami Chicken telah berkembang menjadi 15 outlet. Selain perkembangannya yang pesat Miami Chicken juga memiliki banyak kompetitor sehingga Miami Chicken melakukan promosi di media sosial untuk menjaring konsumen secara luas. Harapan dari promosi di media sosial ini adalah tercapainya tujuan perusahaan yaitu meningkatnya volume penjualan dan menjadi leader dipasar, oleh karena itu diperlukan evaluasi terkait keberhasilan promosi online di media sosial yang dilakukan oleh Miami Chicken dalam mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Promosi melalui Iklan Online dan Electronic Word of Mouth di Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Ayam Goreng Miami Chicken. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komposisi promosi di media sosial dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian produk ayam goreng di Miami Chicken. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 26 Januari-12 Februari 2017 di Miami Chicken Jl. Arif Margono. Penentuan lokasi berdasarkan purposive (sengaja). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian dilakukan dengan metode survey terhadap pelanggan Miami Chicken. Pengambilan data menggunakan kuisioner sebagai alat bantu dalam pengambilan data primer yang diambil dari responden. Metode pegambilan sampel menggunakan accidental sampling dan purposive sampling yaitu penentuan sampel secara kebetulan dan dipilih dengan pertimbangan tertentu dengan kriteria bahwa pengunjung pernah membeli produk Miami Chicken minimal 2 kali dan menjadi follower dari akun media sosial Miami Chicken. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian tentang karakteristik konsumen di Miami Chicken Malang Jl. Arif Margono adalah pelajar 10%, mahasiswa 25%, pegawai negeri 9%, karyawan swasta 44%, wirausaha 2%, lain-lain 10%, berjenis kelamin laki-laki 35%, perempuan 66%, berusia 19-25 tahun 54%, berusia >25 tahun 33% , berusia <19 tahun 13%, pendidikan SMP 4%, pendidikan SMA 19% dan pendidikan S1 73%. Komposisi promosi media sosial di Miami Chicken terdiri dari iklan online dan electronic word of mouth (e-WOM). Miami Chicken memasang iklan online di media sosial facebook, instagram, twitter, dan whatsapp sedangkan proses electronic word of mouth di Miami Chicken terjadi secara otomatis di media sosial. Hasil nilai skor pada variabel media sosial kesukaan, lama menjadi follower, pencarian informasi, evaluasi informasi, personal relevance, brand familiarity, message, interactivity, intensity, valence opinion, content dan keputusan pembelian pada analisis deskriptif adalah 3,29; 3,21; 3,62; 1,66; 2,99; 1,96; 3,5; 4,415; 3,145; 1,8, 2,7; dan 3,9. Hasil analisis regresi berganda pada variabel media sosial kesukaan, lama menjadi follower, pencarian informasi, evaluasi informasi, personal relevance, brand familiarity, message, interactivity, intensity, valence opinion, dan content memiliki nilai koefisien regresi sebesar Y= ß0 - 0,188 X1+ 0,099 X2 + 0,213 X3 + 0,05 X4 - 0,159 X5 + 0,275 X6 + 0,389 X7 - 0,221 X8 + 0,179 X9 + 0,071 X10 - 0,059 X11 - 0,103 X12 -102 X13+ E. Hasil analisis regresi berganda memiliki nilai Fhitung 3,763 dengan probabilitas sebesar 0,000. Hasil analisis regresi berganda memiliki nilai thitung pada variabel media sosial kesukaan, lama menjadi follower, personal relevance, brand familiarity, message, interactivity, intensity, valence opinion, content, usia, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan berturut-turut sebesar 0,150;-1,868; 1,05; 2,061; 0,535; 1,677; 2,817; 3,951; 2,155; 1,727; 0,768; -0,606, -1,110; dan -1,074 dengan nilai probabilitas 0,881; 0,065; 0,297; 0,042; 0,097; 0,006; 0,000; 0,034; 0,088; 0,444; 0,546; 0,27; dan 0,286 . Hasil analisis regresi berganda memiliki nilai R2 sebesar 0,363. Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakteristik konsumen di Miami Chicken Malang sebagian besar terdiri dari karyawan swasta dan berpendidikan terakhir S1 yang berusia 19-24 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Variabel berpengaruh yang paling dipertimbangkan adalah intensity, Variabel berpengaruh pertimbangan kedua (seconderation) adalah personal relevance, brand familiarity dan valence opinion. Variabel berpengaruh kurang dipertimbangkan adalah media sosial kesukaan, message dan content. Saran dalam penelitian ini adalah menambah kegiatan atau menciptakan kegiatan di media sosial agar menarik perhatian konsumen sehingga meningkatkan intensitas akses dan menambah pengguna yang memberikan ulasan baik.

English Abstract

Research do at Miami Chicken Street Arif Margono Kasin District, Malang City. Purpose of this research was to know the composition of promotion at social media and factors that gave effect on purchase decision. Respondents were consumers who are followed at social media Miami Chicken and buy the product minimum twice. Data of research was collected on January 26th to February 12th 2017. Analysis data by multiple regression. Result showed that consumer characteristic at Miami Chicken Arif Margono age of 19-24 year 54%, job as official employee 44% and female sex 65% and bachelor degree 73%. The compositions of promotion at social media is online advertising and electronic word of mouth. Multiple regression analysis showed that more like social media, personal relevance, message, brand familiarity, intensity, valence opinion and content variable gave effect on purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/194/051705195
Uncontrolled Keywords: Personal relevance, brand familiarity, intensity and valence opinion
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:14
Last Modified: 28 Sep 2020 12:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/610
[thumbnail of Wiwi Anggraeni.pdf] Text
Wiwi Anggraeni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item