Analisis Pemanfaatan Search Engine Optimization Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UKM Di Pasar Internasional (Studi Kasus Pada CV. Ayung Sportindo)

Satibi, Ahmad Fauzan. (2017) Analisis Pemanfaatan Search Engine Optimization Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UKM Di Pasar Internasional (Studi Kasus Pada CV. Ayung Sportindo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi informasi merupakan bentuk perkembangan teknologi yang tengah berkembang dengan cepat di era globalisasi ini. Salah satu bentuk perkembangan teknologi informasi saat ini dapat kita lihat dengan kehadiran internet yang semakin hari menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia. Melalui internet setiap orang bisa memperoleh keunggulan dan kemudahan yang strategis dalam memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada internet terutama bagi pelaku bisnis, sehingga mereka bisa mempromosikan produknya bukan hanya diarea lokal saja namun mampu bersaing pula di pasar internasional. Keuntungan tersebut membuat berdampak pada semakin banyaknya pelaku bisnis maupun perusahaan yang ikut terjun memasarkan produknya melalui internet. Menghadapi permasalahan tersebut, maka pelaku bisnis online harus bisa memahami konsep internet marketing yakni dengan mengoptimalan mesin pencari Google yang disebut Search Engine Optimization (SEO). Teknik Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh pelaku bisnis agar website atau blog yang digunakan sebagai sarana promosi untuk mendapatkan ranking teratas dihalaman mesin pencari seperti Google. Menurut survei yang dilakukan oleh "Internet World Stats", hampir 70% pengguna internet tidak pernah menuliskan langsung pada website yang sudah diketahui sebelumnya. Para pengguna internet lebih suka menggunakan mesin pencari Google ketika hendak mencari suatu informasi yang mereka butuhkan. Mengetikkan kata kunci tertentu di halaman browser mesin pencari, menunjukkan bahwa ada kebutuhan terhadap sesuatu yang sangat tinggi pada kata kunci tersebut. Pentingnya melakukan teknik SEO pada toko online yang dimiliki oleh para pelaku bisnis adalah karena kecenderungan para pengguna internet yang ketika mencari suatu informasi yang mereka butuhkan maka mereka akan lebih memilih mencari di halaman pertama mesin pencari sampai halaman 2 SERP (Search Engines Result Page). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berfokus pada penerapan pemasaran dengan memanfaatkan mesin pencari Google dalam pengembangan ke pasar internasional. Penelitian ini dilakukan di kantor sekaligus tempat produksi CV. Ayung Sportindo dengan website nya "www.pesanjaketonline.com". Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari search engine optimization yang dilakukan pemilik terhadap toko online-nya membuahkan hasil berupa meningkatkan jumlah penjualan dan pesanan order jaket hingga ke pasar Internasional. Hal ini dikarenkan website toko online www.pesanjaketonline.com terindex di google di halaman satu dan teratas.

English Abstract

Information technology is a form of rapidly evolving technological development in this era of globalization. One form of the development of information technology today we can see with the presence of the internet that day becomes a necessity for humans. Through the internet everyone can get the advantages and convenience of a strategic in utilizing the features available on the internet, especially for business people, so they can promote their products not only local area but also able to compete in the international market. These advantages make an impact on the increasing number of business players and companies that participate to market their products through the internet. Faced with these problems, then the online business must be able to understand the concept of internet marketing that is by optimizing the Google search engine called Search Engine Optimization (SEO). Search Engine Optimization Techniques (SEO) is a series of efforts made by the business to the website or blog that is used as a means of promotion to get the top ranking in the field of search engines like Google. According to a survey conducted by "Internet World Stats", nearly 70% of Internet users never write directly on websites that have been known before. Internet users prefer to use Google search engine when they are looking for information they need. Typing a particular keyword in a search engine's browser page, indicating that there is a need for something very high on that keyword. The importance of doing SEO techniques on online stores owned by business people is due to the tendency of internet users who when looking for an information they need then they would prefer searching on the first page of search engines to page 2 SERP (Search Engines Result Page). This research is descriptive research with qualitative approach. This research focuses on the application of marketing by utilizing the Google search engine in development to the international market. This research is done in the office as well as the production of CV. Ayung Sportindo with its website "www.pesanjaketonline.com". Technique of collecting data in this research is by way of interview, observation and documentation. The results of search engine optimization made by the owner of his online store to produce results in the form of increasing the number of sales and order orders jacket to the international market. This is dikarenkan website online store www.pesanjaketonline.com indexed on google on page one and top.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/955/051710397
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.800 285 Marketing--Data processing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:30
Last Modified: 15 Mar 2022 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5908
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of BAB III METODE PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB V PENUTUP.pdf]
Preview
Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of bagian depan.pdf]
Preview
Text
bagian depan.pdf

Download (843kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (84kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item