Pengaruh International Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pemilik Smartphone Lenovo di Kawasan Asia Tenggara)

Kharisma, Suhud (2017) Pengaruh International Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pemilik Smartphone Lenovo di Kawasan Asia Tenggara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh international brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Variabel eksogen yang digunakan dalam penelitian ini adalah international brand image (X1) dan kualitas produk (X2), sedangkan variabel endogen dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian (Y). Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin ketat dan kompetitif, terutama persaingan antara perusahaan-perusahaan global. Hal ini menuntut perusahaan untuk selalu dapat menyajikan yang terbaik bagi konsumen di pasaran. Salah satu industri yang memiliki pengaruh besar di pasaran adalah industri telekomunikasi. Strategi harus dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi untuk tetap bertahan di pasar global seperti menciptakan nama merek pada produk mereka yang nantinya akan menjadi identitas produk tersebut di pasar global dan juga memberikan inovasi bagi produk mereka dari segi kualitas produknya. Penelitian ini menyelidiki bagaimana pengaruh dari citra merek global dan kuallitas produk yang ditawarkan Lenovo terhadap keputusan pembelian di pasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di 5 negara kawasan Asia Tenggara (Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Filipina). Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan sampel kuota. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa international brand image (X1) dan kualitas produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 0,332 artinya bahwa 33,2% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu international brand image dan kualitas produk, sedangkan sisanya 66,8%, variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Pada uji t menunjukkan bahwa variabel international brand image secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil temuan lain menunjukkan bahwa variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

This study aime to determine the influence of International Brand Image and Product Quality to Purchase Decision. Exogenous variables used in this study is International Brand Image (X1), Product Quality (X2), while the endogenous variables in this study are Purchasing Decisions (Y). Nowadays, the development of business world increasingly tight and competitive, especially competition among global companies. This kind of situation requires the company to always serve well to their consumers in the market area. One of the influential industry in the market is telecommunication industry. The strategy should be done by a telecommunication industry to bear up in the global market as creating a brand name on their products which will become identity of their products in global market and also provide innovation for their product in terms of product quality. This study shows how the influence of international brand image and product quality offered by Lenovo toward purchase decision in the market area. The type of this research is explanatory research, using by quantitative method approach. Location of the study was conducted in five countries of Southeast Asia (Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia and Philippines). Sampling technique in this research used quota sampling. Data analysis techniques in this study used multiple linear regression analysis with the t test and F test. The results showed that international brand image (X1) and product quality (X2) equal have a significant effect on purchasing decisions. The result of this study indicated that the coeficient of determination (R2) was 0,332, it meant that 33,2% variabel purchase decision were influenced by the independent variable, namely international brand image (X1) and product quality (X2), while the remaining 66,8%, the variable purchase decision are influenced by other variables that are not duscussed in this study. The calculations using the t test shown that variable international brand image positively influence but not significant to the purchasing decision. The other results pointed out that product quality significant positive influence to the purchasing decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/744/051708431
Uncontrolled Keywords: International Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2017 04:23
Last Modified: 23 Sep 2020 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5905
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item