Fahmi, Mohammad Indi (2017) Kapasitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik merupakan salah satu fungsi penting pemerintah yang memiliki makna yang sangat luas karena dapat menyangkut pemenuhan kebutuhan masyarakat dan bermacam–macam kepentingan dan kebutuhan. Dalam pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat berharap dapat diterima dan dapat dirasakan oleh semua masyarakat. Pada saat ini masyarakat lebih menyukai hal yang serba cepat, terjangkau, dan berkualitas dalam pelayanan publik.Pada saat ini pelayanan publik yang baik ini akan memberikan kepuasan kepada masyarakat yang mana merupakan bentuk keberhasilan pemerintah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sementara ini, banyak pelayanan publik yang masih sangat jauh dari standart pelayanan publik yang berdasarkan pada Undang- Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang standart pelayanan minimal. tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kapasitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor apa yang mempengaruhi kapasitas sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif karena dalam penelitian ini dilakukan penelitian lapangan langsung di kantor Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Selain itu, hasil yang akan diperoleh dari penelitian berdasarkan survey atau berdasarkan kenyataan yang didapatkan selama penelitian lapangan berlangsung serta diperoleh dari hasil wawancara dari berbagai informan. Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: Kemampuan Sumber Daya Manusia (Aparatur) di Kelurahan Ardirejo mempunyai kemampuan kerja dan profesionalitas yang tinggi dikarenakan mereka pernah mengikuti pengembangan kemampuan berupa mengikuti pendidikan dan pelatihan. Kualitas Pelayanan di Kelurahan Ardirejo menunjukkan bahwa masyarakat mendapat kemudahan dalam pelayanan, waktu penyelesaian tidak lama, kenyamanan yang dirasakan masyarakat dalam pelayanan, serta pegawai di Kelurahan Ardirejo mempunyai kualitas layanan yang baik. Faktor Pendukung Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: Kesadaran Aparatur, Pendidikan, Faktor Penghambat Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik: Kedisiplinan kerja aparatur kelurahan yang masih tergolong rendah, sarana dan fasilitas pelayanan yang kurang mendukung.
English Abstract
Public service is one of the most important functions of government that has a meaning because it can involve the community needs and diverse interests. In public service that provided by the government for the people, hope can be received and perceived by all of society. Nowadays, people prefer the fast respon, affordable, and have a certain quality in public service. At this time the good public services will provide satisfaction to the community which is a form of government success in carrying out its duties and functions. Meanwhile, a lot of public services are still very far from the standard of public services based on Law Number 32 Year 2004 about minimum service standards. the purpose of this study are as mentions: To describe and analyze the capacity building of human resource to improve the quality of service in the Village Ardirejo Kepanjen District of Malang. To describe and analyze what factors that influence the capacity building of human resource to improve the quality of service in the Village Ardirejo Kepanjen District of Malang. The approach that used in this study is a qualitative approach, using qualitative descriptive study because this research field, study directly in the office of the District Urban Village Ardirejo Kepanjen Malang. In addition, the results to be obtained from the study based on the survey or by the fact that obtained during the field work took place, and was obtained by interviews from informants. Capacity Building of Human Resources in Improving Quality of Public Services: Human Resource Capability in Sub Ardirejo have high ability to work and professionalism because they've attended the development of capabilities in the form of education and training. Service Quality in Sub Ardirejo shows that people have the ease of service, service time is not too long, people's perceived comfort in service, and employees in the Village Ardirejo have a good quality of service. The Support Factors that affect Capacity Building of Human Resources in Improving Quality of Public Services: Apparatus Awareness, Education, Obstacles Factors that affect Capacity Building of Human Resources in Improving Quality of Public Services: The Discipline working of the apparatus village still low, service facilities are not support by government.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/649/051708307 |
Uncontrolled Keywords: | Kapasitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 03:34 |
Last Modified: | 07 Nov 2020 05:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5884 |
Actions (login required)
View Item |