Gaya Kepemimpinan Sektor Publik dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Tingkat Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Koja Jakarta Utara)

Allawiyah, Vendania Nurul (2017) Gaya Kepemimpinan Sektor Publik dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Tingkat Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Koja Jakarta Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemimpin mempunyai peran yang sangat penting di setiap organisasi untuk mencapai tujuan bersama, untuk itu gaya kepemimpinan diperlukan sebagai tolak ukur atau acuan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada publik. Kecamatan merupakan sebuah organisasi pemerintah yang bertujuan untuk membantu pelayanan masyarakat di tingkat Kecamatan sehingga diperlukan pemimpin yaitu Camat yang memiliki dedikasi tinggi untuk meningkatkan pelayanan yang prima kepada publik. Penelitian ini menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu metode interaktif. Penelitian yang dilakukan banyak menemui realita-realita yang sebenarnya terjadi di Kecamatan Koja. Gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Camat Koja menitik beratkan kepada meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Kecamatan Koja Jakarta Utara. Dalam penelitian ini diketahui gaya kepemiminan Camat Koja Jakarta Utara adalah kepemimpinan yang demokratis. Hal ini dilihat dari beberapa sektor yakni komunikasi, pengambilan keputusan, pengawasan, serta pendelegasian tugas kepada bawahan. yang sesuai untuk kondisi Kecamatan Koja serta faktor pendukung dan penghambat terkait gaya kepemimpinan camat dalam meningkatkan pelayanan di Kecamatan Koja.

English Abstract

Leaders have a very important role in every organization to achieve common goals, for that leadership style is needed as a benchmark or reference in order to improve services to the public. Sub-district is a government organization that aims to help the community service at the sub-district level so it takes the leader of the Camat who has a high dedication to improve the excellent service to the public. This research uses method developed by Miles and Huberman that is interactive method. Research conducted many encounter realities that actually happen in District Koja. Leadership style conducted by Koja Sub-district focuses on improving services to the community, so that the community will be satisfied with the services provided by the North Koja Sub-district. In this research is known the leadership style of North Jakarta Koja Sub-district is a democratic leadership. This is seen from several sectors namely communication, decision making, supervision, and delegation of duties to subordinates. Which is suitable for Koja Sub-district as well as supporting and inhibiting factors related to the leadership style of the sub-district leader in improving services in Koja Sub-district.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/981/051710423
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, gaya kepemimpinan, pelayanan
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2017 00:41
Last Modified: 20 Nov 2020 12:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5839
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item