Pengaruh International Brand Image, Brand Community, Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Komunitas Modern Vespa Malang )

Rafif, M. Atha Aqil (2017) Pengaruh International Brand Image, Brand Community, Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Komunitas Modern Vespa Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Globalisasi adalah hal yang tidak dapat di pungkiri dan sisi baiknya adalah globalisasi dapar memperluas pasar bagi produk-produk lokal. Salah satu dampak globalisasi di Indonesia adalah penjualan sepeda motor yang meningkat. Alasannya karena sepeda motor di anggap sebagai moda transportasi yang efisien, efektif, ekonomis, dan cocok dengan kondisi yang ada di Indonesia. Beragam produsen sepeda motor tertarik memasuki pasar Indonesia, namun para produsen juga harus memikirkan secara matang cara untuk bersaing di pasar Indonesia sehingga produsen memiliki pelanggan yang loyal terhadap produknya karena loyalitas adalah perekat antara konsumen dan produsen. Hal ini menarik banyak produsen sepeda motor, salah satunya adalah Vespa di bawah naungan PT. Piaggio Indonesia. International brand image adalah hal yang di perlukan oleh sebuah produsen dalam membantu konsumen memutuskan pembelian karena pendekatan emosional . Brand equity dari sebuah produk juga merupakan nilai tambah yang membantu konsumen memilih sebuah produk. Ditengah fenomena tersebut munculah brand community yang menghubungkan antar konsumen yang memiliki tujuan, hobi dan kesenangan yang sama. Vespa sudah membangun internataional brand image dan brand equity yang baik yang membuat berjamurnya brand community dari produk Vespa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah international brand image, brand community dan brand equity memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan Vespa. Jenis penelitian ini adalah ekplanatif atau explanatory reseach dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil adalah 84 responden yang merupakan keseluruhan anggota dari komunitas Modern Vespa Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebar kuisioner. Analisis yang digunakan yaitu analisis regeresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa international brand image, brand community dan brand equity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. International brand image berpengaruh secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Brand community juga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan juga brand loyalty berpengaruh secara parsial berpengaruh simultan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menemukan bahwa variabel brand equity yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Maka dari itu diharapkan pihak perusahaan memperhatahankan serta meningkatkan brand equity salah satunya dengan cara membangun kesadaran pelanggan, meningkatkan kualitas produk dan merangkul asosiasi merek Vespa.

English Abstract

Globalization is a thing that can not be denied and the good effect of the globalization itself is, it can expand the market for the local products. One of the effects of globalization in Indonesia is the rising numbers of motorcycle sales. The reason why it can rise the numbers of motorcycle sales is because the motorcycle is considered as an efficient, effective, economical, and it fits with the current Indonesia’s conditions. Various numbers of different motorcycle manufacturers are interested in entering to the Indonesian market, but the manufacturers themselves also have to think carefully about how to compete in Indonesian market, so that manufacturers have a loyal customer for its product because of brand loyalty is an important and considered as a main thing between consumers and producers or manfacturers. This attracted many motorcycle manufacturers, one of them is Vespa under PT. Piaggio Indonesia. International brand image is something that is needed by a manufacturer in helping their consumers in deciding the purchase itself because of the emotional approach. Brand equity of a product is also a plus value that helps consumers to choose a specific product. In the middle of this phenomenon, comes the brand community that connects consumers who have a the same aims, same hobby, and all alike fondness.Vespa has built a really good international brand image and brand equity that effects on the rising numbers of the brand community of Vespa products. This study aims to determine whether the international brand image, brand community and brand equity have an influence on customer loyalty with Vespa products. This research is an explanatory research with a quantitative approach. The samples were taken from 84 respondents who are the current members of the community in Modern Vespa Community in malang. The sampling technique that is used is a total population sampling. Methods of data collection in this study is by distributing a questionnaire. The analysis used is multiple linear regression analysis. The results of this study shows that the international brand image, brand community and brand equity simultaneously have a significant effect on customer loyalty. International brand image has a significant partial effect on the customer loyalty itself. Brand community also partially have a significant effect on customer loyalty and brand loyalty partially have a simultaneous effect on customer loyalty. This research found that brand equity variable have a dominant effect on customer loyalty. Therefore it is expected for the company to maintain and improve brand equity, like building customer’s awareness, improving product quality and by embracing Vespa brand association.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/957/051710399
Uncontrolled Keywords: International Brand Image, Brand Community, Brand Equity, Loyalitas Pelanggan, Vespa Modern, Malang.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:49
Last Modified: 28 Sep 2020 19:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5778
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item