Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 Dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati)

Venessa, Ike (2017) Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 Dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan : (1) Signifikansi pengaruh secara bersama-sama variabel Citra Perusahaan (X1), Citra Konsumen (X2), Citra Produk (X3) dan Harga (X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y); (2) Signifikansi pengaruh variabel Citra Perusahaan (X1) Terhadap Keputusan Pembelian (Y); (3) Signifikansi pengaruh variabel Citra Konsumen (X2) Terhadap Keputusan Pembelian (Y); (4) Signifikansi pengaruh variabel Citra Produk (X3) Terhadap Keputusan Pembelian (Y); (5) Signifikansi pengaruh variabel Harga (X4), terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 90 Orang responden yang merupakan Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 pengguna kartu pra-bayar Simpati dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asusmsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Variabel citra perusahaan (X1), citra konsumen (X2), citra produk (X3) dan harga (X4) memiliki pengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian (Y) nilai signifikansi dari uji F sebesar nilai Sig. F 0,000 (0,000 < α = 0,05); (2) Variabel citra perusahaan (X1) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,327 dan nilai sig. t sebesar 0,019 (0,019 < 0,05); (3) Variabel citra konsumen (X2) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,339 terhadap struktur keputusan pembelian (Y) dan sig. t adalah sebesar 0,010 (0,010<0,05); (4) Variabel citra produk (X3) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,301 terhadap struktur keputusan pembelian konsumen (Y) dan sig. t adalah sebesar 0,039 (0,039<0,05); (5) Variabel harga (X4) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar sebesar 0,468 terhadap keputusan pembelian (Y) dan nilai sig. t adalah sebesar 0,000 (0,000<0,05), sehingga variabel harga menjadi variabel paling dominan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

This study is aim to understand and explain : (1) Significance of the influence of corporate image variable (X1), consumers image variable (X2), product image variable (X3), price variable (X4) on consumer purchase decision (Y) all together; (2) Significance of the influence of corporate image variable (X1) on consumer purchase decision (Y); (3) Significance of the influence of consumers image variable (X2) on consumer purchase decision (Y); (4) Significance of the influence of product image variable (X3) on consumer purchase decision (Y); (5) Significance of the influence of price variable (X4) on consumer purchase decision (Y). The type of this research is explanatory research with quantitative approach. This study sample is 90 respondents of Undergraduate Students Majoring in Business Administration Science Faculty of Administration Science Brawijaya University Year 2013/2014 and 2014/2015 Simpati Users using purposive sampling technique. Data collection method used is questionnaires. Data analysis used is descriptive analysis, classic assumption test, and multiple linier regression. The result of this research are : (1) corporate image (X1), consumers image (X2), product image (X3) and price (X4) have significant influence all together (simultaneously) on consumer purchase decision (Y) significant value from F test is Sig. F 0,000 (0,000 < α = 0,05); (2) Corporate image variable (X1) has significant influence and positive on consumer purchase decision (Y) with the beta value is 0,327 and sig. t value is 0,019 (0,019 < 0,05); (3) Consumers image variable (X2) has significant influence and positive on consumer purchase decision (Y) with the beta value is 0,339 and sig. t value is 0,010 (0,010 < 0,05); (4) Product image variable (X3) has significant influence and positive on consumer purchase decision (Y) with the beta value is 0,301 and sig. t value is 0,039 (0,039 < 0,05); (5) Price variable (X4) has significant influence and positive on consumer purchase decision (Y) with the beta value is 0,468 and sig. t value is 0,000 (0,000 < 0,05), the conclution is the most dominant variable on consumer purchase decision is price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/893/051710354
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Harga, dan Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:39
Last Modified: 10 Oct 2020 14:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5749
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item