YouTube dan Pembentukan Identitas ( Analisis VLOG Awkarin, Rachel Vennya, Jovi Adhiguna, dan Abel Cantika)

Azalia, Dinka Fairus (2017) YouTube dan Pembentukan Identitas ( Analisis VLOG Awkarin, Rachel Vennya, Jovi Adhiguna, dan Abel Cantika). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan internet saat ini sudah semakin pesat, termasuk penggunaan sosial media pada remaja. Salah satu sosial media yang sangat populer adalah YouTube. Pada penggunaan sosial media YouTube.Terdapat identitas baru saat para pengguna YouTube tersebut aktif mengunggah vlognya yakni sebagai seorang vlogger. Sebagai pengguna YouTube terbanyak, para remaja membangun identitas dirinya dan mendapatkan identitas sosialnya sebagai vlogger. Konsep dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah Mass Self Communication yang di populerkan oleh Manuel Castells pada tahun 2009 , dan beberapa konsep yakni 10 hal fundamental pada konten dan 5 pengoptimalisasiam konten YouTube, serta konsep identitas. Penelitian ini dilakukan pada beberapa vlog dari 4 YouTuber indonesia, yakni Awkarin , Rachel Vennya, Jovi Adhiguna dan Abel Cantika. Keempat YouTuber tersebut dipilih karena memiliki banyak sekali subscribers dengan banyak komentar pada setiap videonya. Vlog yang diunggah oleh keempat YouTuber tersebut juga memiliki banyak jumlah views dan memiliki beberapa pengaruh pada penontonnya seperti gaya hidup. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode konten analisis. Konten analisis yang digunakan oleh peneliti adalah Ethnographic Content Analysis, dengan 11 tahapan yang diikuti oleh penulis. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang secara aktif dilakukan dan diciptakan oleh para YouTuber seperti adanya kolaborasi, percakapan dengan penonton, dan pengaturan hal-hal yang terkait dengan channel YouTube untuk mendapatkan identitasnya sebagai vlogger seperti anotasi, ikon channel, dan deskripsi yang mejelaskan channel YouTube itu sendiri

English Abstract

Today internet uses is very popular, including social media uses of young people. One of popular social media which teens use is YouTube. When using YouTube, there is able a new identity to whom uses YouTube and always make a vlog, that new identity is vlogger. As the most of users YouTube, teens build their self identity and get the social identity as a vlogger. The basic concept that used in this research is the Mass Self Communication by Manuel Castells, and some concept like 10 fundamental of content YouTube, and 5 optimization content YouTube, and some identity concept. For object , object this research are some vlogs by four youtuber Indonesia, like Awkarin, Rachel Vennya, Jovi Adhiguna, and Abel Cantika. That four Youtuber has been choose because they are so pupular and have many subscribers in their channel YouTube, their vlog also viewed many times by their subscribers or YouTube users. They also influenced many people in many ways, one of them is on people lifestyle. This research is a qualitative study using content analysis method. Results from this study showed that there are several things that are actively done and created by Youtubers like doing some collaborations, interview with viewers, and costumize their youtube channel to get their identity as a vlogger like annotations, channel icon, and channel descriptive on their channel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/859/051711192
Uncontrolled Keywords: YouTube, Vlog, dan Identitas
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:17
Last Modified: 07 Dec 2020 15:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5666
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item