Manajemen Media Televisi (Studi Kasus Pada Televisi Lokal JTV Surabaya)

Rahmawati, Fitria (2017) Manajemen Media Televisi (Studi Kasus Pada Televisi Lokal JTV Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jawa Pos Multimedia Televisi (JTV) merupakan salah satu televisi swasta lokal yang ada di Surabaya sekaligus yang pertama hadir di Jawa Timur. Hingga saat ini, JTV Surabaya telah bertahan selama lebih dari lima belas tahun dengan menghadirkan program acara yang mengangkat budaya lokal Jawa Timur. JTV juga menerapkan manajemen di dalam organisasinya agar perannya sebagai penghubung antara khalayak dan pengiklan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen media terutama yang terkait aspek manajemen produk, teknologi, SDM, marketing dan branding yang dilakukan oleh JTV Surabaya. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen produk, dalam hal ini adalah program yang dihasilkan oleh JTV menempati posisi yang penting bagi sebuah media penyiaran televisi. Tetapi, manajemen produk juga tidak bisa berdiri sendiri tanpa didukung aspek lain seperti teknologi, sumber daya manusia, marketing dan branding yang tepat.

English Abstract

Jawa Pos Multimedia Televisi (JTV) merupakan salah satu televisi swasta lokal yang ada di Surabaya sekaligus yang pertama hadir di Jawa Timur. Hingga saat ini, JTV Surabaya telah bertahan selama lebih dari lima belas tahun dengan menghadirkan program acara yang mengangkat budaya lokal Jawa Timur. JTV juga menerapkan manajemen di dalam organisasinya agar perannya sebagai penghubung antara khalayak dan pengiklan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen media terutama yang terkait aspek manajemen produk, teknologi, SDM, marketing dan branding yang dilakukan oleh JTV Surabaya. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen produk, dalam hal ini adalah program yang dihasilkan oleh JTV menempati posisi yang penting bagi sebuah media penyiaran televisi. Tetapi, manajemen produk juga tidak bisa berdiri sendiri tanpa didukung aspek lain seperti teknologi, sumber daya manusia, marketing dan branding yang tepat.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/847/051711180
Uncontrolled Keywords: JTV Surabaya, Manajemen Media, Manajemen Produk, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Teknologi, Manajemen Marketing dan Branding
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.234 Motion pictures, radio, television > 302.234 5 Television
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2017 06:54
Last Modified: 11 Nov 2024 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5656
[thumbnail of Fitria Rahmawati.pdf] Text
Fitria Rahmawati.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item