Studi Kuantitatif Eksplanatif Dalam Mengukur Keefektifan Event Marketing Untuk Memperkuat Ekuitas Merek Kopi Arabika “Java Ijen Raung” Bondowoso.

Cordova., Darius Iqbal (2017) Studi Kuantitatif Eksplanatif Dalam Mengukur Keefektifan Event Marketing Untuk Memperkuat Ekuitas Merek Kopi Arabika “Java Ijen Raung” Bondowoso. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Event marketing merupakan suatu konsep pemasaran yang sedang diminati oleh banyak kota maupun perusahaan baik untuk mempromosikan produknya ataupun untuk memperkuat ekuitas merek (Brand Equity) mereka di pasar. Seiring berjalannya waktu organisasi atau lembaga yang menggunakan konsep event marketing sebagai alat pemasaran semakin bervariasi, hal ini terjadi karena event marketing dinilai dapat menyampaikan pesan yang lebih bersifat intim dan ix personal terhadap konsumen produk tersebut lebih dari apa yang bisa diberikan oleh media promosi massa (Zarantonello & Schmitt, 2013). Penelitian ini bertujuan untuk mencari signifikansi hubungan antara event marketing “Festival Kopi Nusantara” yang dilaksanakan dengan maksud memperkuat ekuitas merek (brand equity) sebuah produk baru yang menjadi produk unggulan Kabupaten Bondowoso yaitu kopi arabika “Java Ijen Raung”. Dengan sifat penelitian yang eksplanatif dan keunikan produk yang diteliti, peneliti berharap dapat menguji tingkat keefektifan event marketing dalam memperkuat ekuitas merek suatu merek yang berbeda dari apa yang umumnya diujikan. Dengan mengacu pada 7 indikator kesuksesan Event Marketing sebagai variabel X oleh Emma H. Wood (2009) dan konsep Consumer-Based Brand Equity oleh David A. Aaker (1991); Goi & Chieng (2011); dan Atilgan et al. (2009) sebagai variabel Y, peneliti mengolah instrumen penelitian yang diujikan kepada 223 responden yang pernah menghadiri event “Festival Kopi Nusantara” dan pernah meminum kopi “Java Ijen Raung” dengan 7 skor pengukuran skala diferensial semantik. Hasil penelitian dengan teknik analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa akan ada peningkatan ekuitas merek sebesar 0.052 satuan setiap peningkatan nilai event marketing dimana nilai ekuitas merek adalah sebesar 32.935 satuan. Uji T dilakukan kepada kedua variabel dalam penelitian dimana t hitung lebih kecil daripada t table (0.794 < 1.97) yang dapat diartikan bahwa event marketing “Festival Kopi Nusantara” tidak memiliki pengaruh signifikan untuk memperkuat brand equity kopi arabika “Java Ijen Raung”.

English Abstract

Event marketing is a marketing concept that is intriguing and is harboring enthusiasm by many event practitioners, and cities throughout the world in the attempt to make their product or their brand acknowledged and to strengthen the brand equity for the purpose of profit. By the time passes the organization and institution exploiting the concept of event marketing increased in number and variation, this happen due to proficiency of event marketing concept that is proven to be able to deliver intimate and personal messages toward the consumers more than what mass media can offer (Zarantonello & Schmitt, 2013). This research aims to examine any significant correlation between event marketing “Festival Kopi Nusantara” carried out by the government of Bondowoso District in order to strengthen the brand equity of their ace product which is “Java Ijen Raung” arabica coffee. The research approach is an explanative research accompanied by a unique case of the application on event marketing concept. The researcher expects to assess how effective event marketing in enhancing a particularly uncommon good. Referencing the research measurement indicators to the 7 elements of a successful Event Marketing as X variable by Emma H. Wood (2009) and the concept of Consumer-Based Brand Equity by David A. Aaker (1991); Goi & Chieng (2011); dan Atilgan et al. (2009) as Y variable, the researcher codifies the research instrument targeted at 223 respondents quantified by using the 7-measurement scale of semantic differential. The result of the research by the use of simple linear regression analysis shows that there will be an increase on brand equity as much as .052 in every increase on the value of event marketing where the brand equity score is 32.935. T-test was also performed toward both of the variables resulted in the value of the experimental t smaller than the theoretical t (0.794 < 1.97), interpreted as an underlying statement of the result of the research that the event marketing of “Festival Kopi Nusantara” has no significant correlation to enhance the brand equity of “Java Ijen Raung” coffee.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/958/051711291
Uncontrolled Keywords: Event Marketing, Ekuitas Merek, Komunikasi Pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.87 Marketing channels
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2017 03:25
Last Modified: 18 Nov 2024 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5619
[thumbnail of DARIUS IQBAL CORDOVA.pdf] Text
DARIUS IQBAL CORDOVA.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item