Pengaruh Source Of Credibility Dan Source Of Attractiveness Dalam Penggunaan Teuku Wisnu Dan Shireen Sungkar Sebagai Celebrtiy Endorsement Terhadap Brand Image Malang Strudel,

Tegar, Fatchur Maulana (2017) Pengaruh Source Of Credibility Dan Source Of Attractiveness Dalam Penggunaan Teuku Wisnu Dan Shireen Sungkar Sebagai Celebrtiy Endorsement Terhadap Brand Image Malang Strudel,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Celebrity Endorsement merupakan salah satu bentuk strategi yang sering diaplikasikan dalam aktivitas komunikasi pemasaran, khususnya pada era modern ketika persaingan antarkompetitor semakin lama semakin ketat. Pemanfaatan peran selebritas dalam periklanan, sebagai celebrity endorser, secara positif terbukti dapat mengubah perilaku konsumen terhadap suatu brand dan keinginan untuk membeli, serta dianggap memiliki kemampuan untuk memindahkan citra yang dimiliki oleh selebritas kepada produk yang diiklankan (Dom et al, 2016). Erdogan (1990) menyebutkan mengenai The Source Model yang terdiri dari The Source of Credibility dan The Source of Attractiveness. Model ini berargumen bahwa beragam karakteristik komunikasi yang dipersepsikan sumber pesan bisa memberikan manfaat tertentu dalam penerimaan pesan. Model ini pula yang dapat membantu pemasar dalam menentukan selebritas yang tepat untuk digunakan dalam kampanye pemasaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini mengangkat bahasan mengenai source of credibility dan Source of Attractiveness dalam penggunaan Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar sebagai celebrity endorser brand Malang Strudel. Terdapat dua variabel independen yakni source of credibility (X1) dan source of attractiveness (X2), dan satu variabel dependen yaitu brand image (Y). Berdasarkan tataran atau cara menganalisis data, jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian survei. Sampel yang digunakan adalah seluruh masyarakat yang mengetahui sosok Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar sebagai celebrity endorser Malang Strudel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar memiliki kredibilitas serta daya tarik yang mempengaruhi brand image Malang Strudel. Hal ini ditunjukkan dengan nilai source of credibility dan source of attractiveness yang tinggi. Tingginya tingkat kredibilitas dan daya tarik yang dimiliki Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar sebagai celebrity endorser Malang Strudel memiliki pengaruh signfikan terhadap brand image Malang Strudel. Pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruji brand image Malang Strudel adalah variabel source of credibility jika dibandingkan dengan variabel source of attractiveness.

English Abstract

Celebrity endorsement is one of strategy form that often applied in marketing communication activities, especially in the modern era while companies competition are increasingly tight. The use of celebrity role in advertising, as celebrity endorser, positively prove to consumer’s alter behavior to a brand, and increase the purchasing decision, and considered to have the ability to transfer celebrity image to advertised products (Dom et al, 2016). Erdogan (1990) states the source model includes: the source of credibility and the source of attractiveness. This model have argued that the different characteristics of communication that perceived ofmessage can give certain benefits in message retrieval. This model also can help marketers at choosing the proper celebrity to use in marketing campaigns, so the marketers could get the great result. This study raised the source of credibility and Source of Attractiveness in the use of Teuku Wisnu and Shireen Sungkar as celebrity endorser of Malang Strudel brand. There are two independent variables: source of credibility (X1) and source of attractiveness (X2), and one dependent variable: brand image (Y). Based on the level or how to analyze the data, the type of research in this study is explanative research. The methodology is quantitative, and using survey design research. The sample is all of people who knows the figure of Teuku Wisnu and Shireen Sungkar as Malang Strudel’s celebrity endorser. The results of this study indicate that Teuku Wisnu and Shireen Sungkar have credibility and attractiveness that affect Malang Strude brand image. This is shown by the high result of source of credibility and source of attractiveness. The high level of credibility and attractiveness of Teuku Wisnu and Shireen Sungkar as a Malang Strudel’s celebrity endorser has significant influence on Malang Strudel image brand. The most dominant influence in previewing Malang Strudel's brand image is the source of credibility, when compared to the source of attractiveness variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1013/051711803
Uncontrolled Keywords: Celebrity endorser, The Source Model, Source of Credibility, Source of Attractiveness, Brand Image, Teuku Wisnu, Shireen Sungkar, Malang Strudel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Nov 2017 01:06
Last Modified: 10 Nov 2020 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5492
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item