Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kecap Manis Organik (Studi Kasus Pada Kelompok Wanita Tani Vigur Organik)

Faradilla, Fiqi (2017) Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kecap Manis Organik (Studi Kasus Pada Kelompok Wanita Tani Vigur Organik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan industri kecap yang terus meningkat telah menimbulkan persaingan dalam menawarkan produk sejenis dengan kualitas yang baik serta daya saing tinggi. Dengan adanya persaingan yang ketat mendorong perusahaan membuat strategi untuk memperoleh cara yang efektif dan efisien dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Kualitas menjadi dasar keputusan konsumen dalam memilih produk.Vigur Organik merupakan salah satu industri rumah tangga yang mengelola berbagai jenis produk olahan seperti kecap manis organik. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis jenis-jenis kerusakan, nilai kerusakan produksi dalam batas kendali pelaksanaan pengendalian kualitas kecap manis organik berdasarkan persepsi produsen di Vigur Organik, menganalisis faktor-faktor penyebab kerusakan atau cacat produk dalam proses produksi kecap manis organik di Vigur Organik, menganalisis harapan konsumen terhadap kualitas kecap manis organik ViO dan respon teknik yang perlu ditingkatkan oleh Vigur Organik dalam memenuhi harapan konsumen terhadap kualitas produk kecap manis organik ViO. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu Statistical Quality Control (SQC) dan House Of Quality (HOQ). Analisis Statistical Quality Control (SQC) terdiri dari lembar pengecekan (check sheet), p-chart dan diagram sebab akibat (fishbone). Berdasarkan hasil dari lembar pengecekan didapatkan hasil jenis kerusakan pada produk kecap manis organik ViO yaitu pengkristalan dan berbuih. Analisis p-chart menunjukan bahwa terjadi kerusakan sebesar 16,48% yang berada diluar batas kendali dan 83,52% berada didalam batas kendali kerusakan. Kemudian hasil dari diagram sebab akibat menunjukan bahwa salah satu penyebab terjadinya kerusakan pengkristalan dan berbuih berasal dari lingkungan, bahan baku gula aren, manusia, mesin dan metode penyimpanan produk. Analisis House Of Quality (HOQ) berdasarkan harapan konsumen terhadap produk kecap manis organik ViO yaitu konsumen menginginkan harga Rp. 14.000 – 15.000 dengan rasa kecap yang cukup manis, warna kecap hitam pekat, aroma kedelai yang khas dari kecap, dengan tingkat kekentalan sedang, kemasan berbotol plastik, kemudian daya simpan 3 – 6 bulan dan legalitas produk lengkap yaitu label halal, BPPOM serta informasi nilai gizi. Pada respon teknik mempertahankan rasa, warna dan aroma asli, bahan baku berkualitas, penyesuaian harga, pengawasan proses pemasakan, kemasan lebih menarik dan meningkatkan keamanan produk.

English Abstract

The growing development of the soy sauce industry has led to competition in offering similar products with good quality and high competitiveness. With the intense competition to encourage companies to create strategies to obtain an effective and efficient way in achieving the goals and objectives that have been set. Quality becomes the basis of consumer decisions in choosing a product. Vigur Organic is one of the home industry that provides various types of processed products such as organic sweet soy sauce. This research are aimed to analyze the types of damage and value of damage production within the control limitation on implementation of quality control organic sweet soy sauce based on the perception of producer in Vigur Organic, to analyze factors causing damage or defects of the products in the production process of organic sweet soy sauce in Vigur Organic, to analyze consumer expectations on the quality of ViO’s organic sweet soy sauce as well as technical respond which need to be enhanced by Vigur Organic in order to meet consumer expectations to the quality of the ViO’s organic sweet soy sauce product. The analysis tools of this research are Statistical Quality Control (SQC) and House Of Quality (HOQ). Statistical Quality Analysis (SQC) consists of check sheets, p-charts and causal diagrams (fishbones). Based on the results of the check sheet, the type of damage on ViO’s organic sweet soy sauce product are crystallization and froth. The p-chart analysis shows that there is 16.48% of damage which is out of the control limits and 83.52% which is in limit of damage control. Then the result of the causal diagram shows that one of the causes of chrystallization and froth’s damage comes from the environment, raw material of palm sugar, human, machine and method of storage product. House of Quality Analysis (HOQ) based on consumer’s expectation towards ViO’s organic sweet soy sauce product i.e. consumers want the price around Rp. 14.000 - 15.000 with sweet of soy sauce flavor, thick-black soy sauce color, the typical soy aroma from soy sauce, with medium level of thickness, plastic bottle packaging, then product’s shelf life 3 - 6 months and the complete product legality i.e. halal label, BPPOM and information on nutritional value label. On response techniques retain flavor, color and original aroma, quality raw material, price adjustment, cooking process control, more attractive packaging and improve product safety.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/755/051710972
Uncontrolled Keywords: Industri Kecap, Kualitas, Vigur Organik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting > 631.58 Special methods of cultivation > 631.584 Organic farming
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 14 Nov 2017 07:29
Last Modified: 09 Oct 2020 05:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5474
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item