Visualisasi Rasa Dalam Foodstagram.

Edwina L.M., Veronica (2017) Visualisasi Rasa Dalam Foodstagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Foodstagram merupakan kegiatan mengunggah foto makanan di Instagram dengan tujuan untuk mempersuasi audiens. Melalui Instagram, kegiatan mengunggah foodstagram yang dilakukan foodies menjadi lebih mudah, seolah rasa dari makanan dapat langsung dirasakan oleh audiens. Pengambilan angle berbeda-beda yang dipilih foodies menjadi fokus dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis retorika visual untuk memperoleh gambaran mengenai visualisasi foodstagram dalam proses penyampaian pesan berupa rasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi foodies menampilkan pesan visual dalam menceritakan sebuah rasa makanan yang diunggah pada akun Instagram. Melalui pengamatan pada foodstagram yang diunggah oleh foodies, penelitian ini kemudian dikaji menggunakan retorika visual dengan melihat unsur-unsur visual di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap foodies memiliki strategi masing-masing dalam penyampaian pesan berupa rasa kepada audiens. Hal tersebut didapatkan dari ide foodies sendiri dan pemahamannya mengenai objek makanan yang diunggah. Sebuah foodstagram akan terlihat estetik apabila disertai dengan penggunaan komposisi fotografi sesuai dengan visualisasi yang diinginkan oleh foodies sehingga akan mengundang perhatian audiens. Selain itu integrasi berbagai unsur visual dalam foodstagram dapat membantu audiens dalam menangkap pesan. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa foodstagram telah memenuhi syarat sebagai artefak retorika visual sehingga pendeskripsian rasa dapat tersampaikan dengan baik.

English Abstract

Foodstagram is an uploading food photo activities in Instagram with the aim to persuade the audience. Through Instagram, activities of uploading foodstagram that is done by foodies become easier, so the flavor of food can be directly felt by audience. Various different angle selected by foodies become focused in this research. This research methods using qualitative descriptive methodology with visual rhetoric analysis method to get a clearer picture about foodstagram visualization in the process of the message transmission in the form of taste. This research aims to know how strategy of foodies shows visual message in telling a taste of food that uploaded on their instagram. By observation on foodstagram uploaded by foodies, this research examined using visual rhetoric to views the visual elements in it. The result showed that every foodies have each strategy in delivering a message to audience. It is obtained from foodies’s idea and their understanding of the food object uploaded. Aesthetic appearance of foodstagram will be visible when accompanied with the use of photography composition in accordance with visualization of foodies’s desired so that would invited audience attention. In addition, the integration of various visual elements in foodstagram can help audience to understand the message. Therefore, it can be said that foodstagram has qualified as artifact visual rhetoric so the description of taste can be delivered properly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/948/051711281
Uncontrolled Keywords: foodstagram, foodies, retorika visual, Instagram
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:54
Last Modified: 13 Nov 2024 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5467
[thumbnail of VERONICA EDWINA L.M..pdf] Text
VERONICA EDWINA L.M..pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item