Kesenjangan Komunikasi Antara Brand Identity Dan Brand Image (Studi Kualitatif Pada Rebranding Radio Kencana Malang).

Zulfikar, Aldy (2017) Kesenjangan Komunikasi Antara Brand Identity Dan Brand Image (Studi Kualitatif Pada Rebranding Radio Kencana Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jumlah radio di Indonesia tidak berjalan seimbang dengan pertumbuhan jumlah pendengar. Di beberapa negara termasuk Indonesia, sebagian besar dari jumlah kecil pendengar tersebut merupakan pendengar radio dengan format Pop Contemporary Hit Radio (Pop CHR). Hal tersebut menjadikan stasiun-stasiun radio berlomba mengejar konsumen dan membuat persaingan menjadi semakin ketat. Tahun 2009 hingga saat ini, Radio Kencana Malang mulai melakukan rebranding secara bertahap dari radio umum yang lekat dengan target pendengar menengah kebawah, menjadi radio berformat Pop CHR. Namun dalam pelaksanaannya, masih ditemui kesenjangan antara ekspektasi yang dibentuk pada rebranding Radio Kencana dengan realita yang diterima dibenak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana kesenjangan komunikasi yang terjadi antara brand identity dan brand image dalam rebranding Radio Kencana Malang. Penelitian dilakukan menggunakan prisma brand identity Kapferer yang memiliki enam aspek didalamnya yaitu aspek fisik, kepribadian, budaya, citra diri, refleksi dan hubungan. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk memperoleh data melalui wawancara kepada 10 informan penelitian yang berasal dari internal dan eksternal Radio Kencana Malang serta melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapatnya kesenjangan komunikasi pada beberapa aspek fisik, refleksi, dan hubungan. Hasil ini dapati karena adanya noise berupa bias pada pesan yang disampaikan maupun pada penerimaan dibenak konsumen. Pesan yang disampaikan kerap kali tidak memiliki kesesuaian dengan brand identity yang diharapkan karena adanya kerjasama yang tidak dapat dihindari dengan pihak eksternal. Penelitian ini juga melihat bahwa Radio Kencana Malang cenderung memiliki opportunism dalam pembentukan brand identity yaitu upaya membangun citra yang menarik dan dapat disukai oleh semua orang sehingga sebuah brand akan terlihat oportunis dan mencari popularitas semata.

English Abstract

The number of radios in Indonesia has increased in recent years, but not with the number of listeners. In several countries including Indonesia, most of the small number of listeners are radio listeners in Pop Contemporary Hit Radio (Pop CHR) format. It makes many of radio stations compete to catch consumers and make the competition becomes increasingly tight. From 2009, Radio Kencana Malang began a rebranding from public radio attached to the middle low audience, into a Pop CHR radio format. However in practice, the gap between expectations that formed on the rebranding of Radio Kencana with the reality that received in the minds of consumers is still found. This research aims to explore how the communication gap that occurs between brand identity and brand image on rebranding of Radio Kencana Malang by using Kapferer’s prism which has six aspects on it that are physique, personality, culture, self-image, reflection, and relationship. Qualitative descriptive research approach used to obtain data through an interview with 10 research informants from internal and external of Radio Kencana Malang and also from observation and documentation. The result of this research found a communication gap in some aspects such as physique, reflection, and relationship. The result showed that ‘noise’ is found in the message that raises a bias on the acceptance in the consumers mind. Some messages that delivered to consumers do not have conformity with the expected brand identity because of the cooperation that can’t be avoided with external parties. This research also found that Radio Kencana Malang tend to have opportunism in the formation of brand identity that is an effort to build an image that can be liked by everyone, so that a brand will look opportunistic and looking for popularity only.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/943/051711276
Uncontrolled Keywords: Rebranding Radio, Brand Identity, Brand Identity Prism, Brand Image, Kesenjangan Komunikasi,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Nov 2017 02:59
Last Modified: 28 Aug 2023 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5427
[thumbnail of Aldy Zulfikar.pdf] Text
Aldy Zulfikar.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item