Strategi Nation Branding Malaysia Dalam Meningkatkan Industri Pariwisata Malaysia Pada Masa Kepemerintahan Datuk Najib Razak Tahun 2009-2013

Pratamiswara, Indira (2017) Strategi Nation Branding Malaysia Dalam Meningkatkan Industri Pariwisata Malaysia Pada Masa Kepemerintahan Datuk Najib Razak Tahun 2009-2013. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era globalisasi dunia terus berkembang mengikuti perkembangan jaman, dimana perubahan sistem dunia ini memiliki kekuatan yang besar yang mampu mempengaruhi banyak aktor negara dan non-negara dalam menjalankan sistem internasional. Dengan adanya berbagai pengaruh sehingga hampir seluruh aktor dalam sistem internasional ini berusaha untuk mempertahankan diri. Bentuk pertahanan dirinya pun juga mengikuti jaman. Sekarang di era modern ini, perang dilakukan dengan menggunakan soft power. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan konsep nation branding strategy. Dengan tujuan untuk mempengaruhi opini publik. Sehingga publik, yang dimaksud disini adalah masyarakat internasional mampu membantu suatu negara untuk memenuhi kepentingan atau kebutuhan domestiknya. Dalam penerapan konsep nation branding telah banyak digunakan. Malaysia merupakan salah satunya. Sebagai negara berkembang, Malaysia dianggap mampu menggunakan konsep ini dengan baik. Dengan tujuan utama Malaysia yaitu memperkenalkan industri pariwisatanya pada dunia dan menjadikan wisata Malaysia sebagai yang terbesar di ASEAN. Selain itu, pemerintah Malaysia juga memiliki tujuan lain yaitu untuk mengubah stigma negatif masyarakat internasional terhadap image Malaysia.

English Abstract

In the era of globalization, the world system has a great power to affect many world system actors to hold the international systems. So many influences that almost all actors in this international system try to defend by themselves. Now in this modern era, all international actors use soft power to influence public opinion. And we may use Nation Branding Strategy to influence public opinion. Which means here is the international community will be able to help a country to meet a demand or their domestic needs. Many countries have been widely use nation branding strategy, one of which is Malaysia. Malaysia considered to be one of a developing country which success to apply nation branding strategy for their own country. The strategy used to introduce Malaysia tourism industry as a global tourism and make it to be the biggest one in ASEAN. Besides, the strategy implemented by malaysia so as to build Malaysia positive image in international society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/931/051711264
Uncontrolled Keywords: Soft power, nation branding strategy, pariwisata Malaysia
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Nov 2017 01:07
Last Modified: 27 Dec 2020 16:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5388
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item