Iklan Korporat dan Peran Strategis Public Relations (Studi Deskriptif Kualitatif: Pemanfaatan Iklan Korporat pada Perusahaan Bank Tabungan Negara (BTN) dan Perusahaan Gaga Foods)

Alvigayani,, Cheryl (2017) Iklan Korporat dan Peran Strategis Public Relations (Studi Deskriptif Kualitatif: Pemanfaatan Iklan Korporat pada Perusahaan Bank Tabungan Negara (BTN) dan Perusahaan Gaga Foods). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan Korporat merupakan salah satu aktivitas Public Relations yang memiliki keterkaitan dengan citra perusahaan. Meskipun demikian, masih ada praktisi Public Relations yang tidak memanfaatkan iklan korporat sesuai dengan tujuan dan manfaat dari iklan korporat itu sendiri. Peneliti juga menemukan perusahaan lain yang memanfaatkan iklan korporat yang bertujuan murni untuk citra, namun tidak dijalani oleh praktisi Public Relations. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pemanfaatan iklan korporat pada perusahaan. Lokasi penelitian ini dilakukan di dua perusahaan yaitu perusahaan Bank Tabungan Negara Tbk dan perusahaan Gaga Foods. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dihasilkan dari informan penelitian ini yaitu Corporate Secretary perusahaan Bank Tabungan Negara Tbk dan Key Account perusahaan Gaga Foods, selain itu untuk menguji keabsahan data dari penelitian ini peneliti menggunakan sumber data sekunder yaitu melakukan wawancara dengan publik dari kedua perusahaan tersebut. Penelitian ini berjenis interpretatif dengan metode kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa key account Gaga Foods memanfaatkan iklan korporat untuk menjaga hubungan antara perusahaan dengan publiknya, berbeda dengan praktisi Public Relations yang memanfaatkan iklan korporat untuk promosi produk jasa yang dimiliki. Selain itu, peneliti menemukan bahwa latar belakang yang menjalani peran sebagai Public Relations tidak memiliki keterkaitan dengan pemanfaatannya terkait iklan korporat.

English Abstract

Corporate advertising is one of the activities of Public Relations that has linkages with the corporate image. Nevertheless, there is still no Public Relations practitioners who utilize corporate advertising in accordance with the purpose and benefits of corporate advertising itself. Researchers also found another company that leverages corporate advertising aimed at purely for image, but it’s not by Public Relations practitioners. Therefore, this study aims to examine the utilization of corporate advertising at the company. The location of this research was conducted in two companies, They are Bank Tabungan Negara Tbk and Gaga Foods. This study uses two data sources that are the source of primary data and secondary data sources. The source of primary data resulting from this research are informant Corporate Secretary of Bank Tabungan Negara Tbk and Key Account Gaga Foods, in addition to test the validity of the data from this study researchers using a secondary data source that is conducting interviews with the public from both of companies. This research was a interpretive qualitative methods. Research results based on the analysis of the data shows that the key accounts of corporate advertising utilizing Gaga Foods to maintain relationships between companies with the public, in contrast to Public Relations practitioners who utilize corporate advertising for product promotion services. In addition, the researchers found that the background that undergo a role as Public Relations have no linkages with its utilization related corporate advertising.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/473/051705540
Uncontrolled Keywords: Iklan Korporat, Citra Perusahaan, Public Relations
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:04
Last Modified: 27 Nov 2020 15:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/533
[thumbnail of Cheryl Alvigayani.pdf] Text
Cheryl Alvigayani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item