Media Relations Organisasi Nonprofit (Studi Kualitatif Deskriptif Aktivitas Dan Strategi Media Relations Profauna Indonesia Dalam Membangun Relasi Dengan Wartawan Aji Malang)

Ferryza, Efrilda Christy (2017) Media Relations Organisasi Nonprofit (Studi Kualitatif Deskriptif Aktivitas Dan Strategi Media Relations Profauna Indonesia Dalam Membangun Relasi Dengan Wartawan Aji Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan strategi media relations di organisasi nonprofit dalam menjalin relasi dengan wartawan. Hal ini penting untuk diteliti dikarenakan adanya fenomena semakin menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap organisasi nonprofit dari tahun-ketahun yang dibuktikan dengan adanya riset dari Edelman PR. PROFAUNA Indonesia sebagai salah satu organisasi nonprofit pada akhirnya mulai memperhatikan pentingnya media relations dengan menerapkan aktivitas media relations yang ditunjang dengan strategi. AJI Malang merupakan salah satu organisasi profesi yang semenjak berdirinya aktif berhubungan dengan PROFAUNA, namun hingga saat ini masih ditemukan adanya perbedaan persepsi antara organisasi dengan wartawan dalam pentingnya pelaksanaan media relations. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur. Melalui pengumpulan data tersebut, penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data filling system. Data yang telah terkumpul melalui proses wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi dianalisis oleh peneliti secara deskriptif. Analisis tersebut dilakukan dengan cara menghubungkan antara konsep dengan data empiris sesuai dengan temuan di lapangan, sesuai dengan kategori-kategori yang muncul dari fokus penelitian, sehingga dapat memberikan jawaban atau referensi atas fenomena yang ada di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media relations di PROFAUNA dilakukan oleh divisi campaign officer dan pelaksanaan beberapa aktivitas media relations ditunjang dengan empat strategi yang menjadi keunikan PROFAUNA Indonesia. Perpaduan antara aktivitas dan strategi media relations menghasilkan kepuasan wartawan dari pelaksanaan media relations di organisasi nonprofit yang berdampak pada publisitas maksimal untuk organisasi.

English Abstract

This study aims to determine the media relations activities and strategies in nonprofit organizations to establishing relationships with journalists. It is important to investigate due to the phenomenon of the decline in public confidence in the nonprofit organization year after year, as evidenced by the research of Edelman PR. PROFAUNA Indonesia as one of a nonprofit organization finally began to notice the importance of media relations by implemented media relations activities which is supported by the strategy. AJI Malang is one of professional organization since its establishment actively building relationships with PROFAUNA Indonesia, but it is still found differences in perception between the organization and journalists in the importance of the implementation of media relations. This research used qualitative descriptive method. Data collection techniques with semi-structured interviews. Through data collection, this research was analyzed using data analysis techniques called filling system. Data has been collected through interviews, observation, and documentation descriptively analyzed by researchers. The analysis is done by linking concepts with empirical data in accordance with the findings in the field, in accordance with the categories that emerged from the focus of research, so as to provide an answer or reference on phenomena that exist in the field. The results showed that media relations in PROFAUNA Indonesia carried out by the campaigns officer divisions and the implementation of some of the media relations activities supported by the four strategies that are unique from PROFAUNA Indonesia. The combination of media relations activities and strategy generates journalists satisfaction from the implementation of media relations in nonprofit organizations that impact the maximum publicity for the organization

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/909/051711242
Uncontrolled Keywords: Organisasi Nonprofit, Strategi Media Relations, Kepuasan Wartawan
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:33
Last Modified: 04 Jan 2022 06:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5317
[thumbnail of 2. BAB I.pdf]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (468kB) | Preview
[thumbnail of 3. BAB II.pdf]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 1. Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
1. Bagian Depan.pdf

Download (860kB) | Preview
[thumbnail of 6. BAB V.pdf]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 5. BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. BAB III.pdf]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (416kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item