Gustiana, Windi (2017) Perbandingan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi What’s App Dan Line Pada Siswa Dan Guru (Studi Komparatif Pengguna Aplikasi What’s App Dan Line Pada Siswa Dan Guru Sman 5 Depok Dalam Pendekatan Uses And Gratification 2.0 Theory. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbedaan tingkat kepuasan penggunaan aplikasi waht’s app dan Line pada siswa dan guru di SMAN 5 Depok dengan menggunakan teori uses and gratification 2.0 dari Sundar dan Limperos (2013). Di awali dengan berkembangnya teknologi media yang juga menyebabkan berkembangnya teori uses and gratification menjadi teori uses and gratification 2.0. kemampuan dari teknologi digital mengubah pengalaman individu dengan mengundang individu tersebut untuk terlibat dengan konten dalam cara yang pribadi bahwa individu tidak hanya bertindak, namun juga dapat secara aktif membangun makna. Peneliti menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpalan data survei. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik Quota sampling dan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dimensi modality tertinggi siswa ditunjukan pada aplikasi line, sedangkan dimensi modality tertinggi guru ditunjukan pada aplikasi what’s app. Sedangkan dimensi interactivity terendah siswa ditunjukan pada aplikasi line, sedangkan dimensi interactivity terendah guru ditunjukan pada aplikasi what’s app. Hasil uji t membuktikan bahwa terdapat perbedaan kepuasan antara siswa dan guru dalam menggunakan aplikasi instant messaging what’s app dan line. Siswa SMAN 5 Depok cenderung lebih puas terhadap aplikasi instant messaging line di bandingkan dengan guru yang cenderung lebih puas dengan aplikasi instant messaging what’s app. Penelitian ini ditemukan bahwa karakteristik responden mempengaruhi perbedaan kepuasan dan kecenderungan dimensi yang dihasilkan dalam menggunakan suatu aplikasi instant messaging.
English Abstract
The objective of this research is to know the difference of WhatsApp & LINE user’s satisfaction level between students and teachers in SMAN 5 Depok through uses and gratification 2.0 Theory from Sundar dan Limperos (2013). Beginning with the development of media technology that also led to the development of uses and gratification theory into the theory of uses and gratification 2.0. The capabilities of digital technology alter an individual's experience by inviting the individuals itself to engage with the content in a personal way, which is individuals itself not only act, but can also actively build meaning. This research uses descriptive quantitative methods with survey methods as data collection techniques. The sampling technique uses Quota sampling technique and descriptive statistical as the level of analysis techniques. The results of this research indicates that the highest modality dimension of students is shown in LINE application, and the highest teacher's modality dimension is shown on WhatsApp application. Whereas the lowest interactivity dimensions of students' are shown in the LINE application, and the teacher's lowest interactivity dimension is shown in WhatsApp application. The t test results show that there is a difference of satisfaction between student and teacher in using instant messaging application WhatsApp and LINE. Students of SMAN 5 Depok tend to be more satisfied with instant messaging LINE applications and the teachers are tend to be more satisfied with instant messaging WhatsApp. This study indicate that the characteristics of respondents influence the difference of satisfaction and the tendency dimension which is produced by using an instant messaging application.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/841/051711174 |
Uncontrolled Keywords: | Uses and Gratification 2.0, Instant messaging, What’s app dan Line. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.87 Marketing channels |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 08 Nov 2017 08:22 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5091 |
Text
Windi Gustiana.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |