Strategi Manajemen Televisisistem Stasiun Jaringan (Studi Kasus Ada Sbo Tv Dan Jtv Sebagai Stasiun Televisi Lokal Jaringan Jawa Pos Multimedia).

Astuti, Prapti Dwi (2017) Strategi Manajemen Televisisistem Stasiun Jaringan (Studi Kasus Ada Sbo Tv Dan Jtv Sebagai Stasiun Televisi Lokal Jaringan Jawa Pos Multimedia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peraturan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran di Indonesia mewajibkan adanya Sistem Stasiun Jaringan pada setiap media televisi. Wacana untuk melaksanakan Sistem Stasiun Jaringan adalah untuk menciptakan demokratisasi penyiaran dan mengupayakan keanekaragaman konten di pertelevisian Indonesia. Sistem ini jugasebagai strategi alternatif yang digunakan perusahaan media dalam menghadapi persaingan industri media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi manajemen SBO TV dan JTV sebagai stasiun penyiaran lokal yang menerapkan Sistem Stasiun Jaringan, yaitu jaringan dari Jawa Pos Multimedia (JPM). Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Banyak dari penelitian mengenai manajemen media yang menggunakan metode ini. Karena dengan menggunakan studi kasus diharapkan dapat menjelaskan sebuah kasus tertentu dengan lebih intensif. Namun, hasil penelitian dengan metode studi kasus tidak dapat disama ratakan dengan hasil penelitian pada kasus lainnya. Kasus dalam penelitian ini adalah televisi dengan sistem stasiun jaringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang dilakukan oleh perusahaan Jawa Pos Multimedia melalui implementasinya pada JTV dan SBO TV adalah yang sebenarnya dimaksudkan dengan sistem stasiun jaringan, yaitu sesuai dengan semangat keanekaragaman konten dan memilki jangkauan area yang terbatas pada wilayah siaran lokal. Keanekan ragaman yang dimaksud adalah dengan mengoptimalkan konten lokal yang bermanfaat bagi masyarakat setempat dan tetap memiliki nilai jual untuk mendapatkan profit bagi perusahaan.

English Abstract

The constitution number 32 year 2002 about Broadcasting In ndonesia oblidged the existance of Network Station System on every television media. The plan to undergo Network Station System is to create broadcasting democratization and seek content diversity in Indonesian Broadcasting. This system is also as alternative strategy used by media to encounter media industry competition. This research aims to describe JTV and SBO management strategy as local broadcasting station that apply Network Station System, which is from Jawa Pos Multimedia (JPM). This research use case study method. Much of the research on media management uses this method. Case studies is expected to explain a particular case with more intensive. However. the research result through case study method can not be generalized in every other cases. The case in this research is television with network station system. The result of this research shows that what have been done by Jawa Pos Multimedia Corp. through its implementation on JTV and SBO are actually what it is meant by network station system, which is in accordance with the spirit of content diversity and allows a limited coverage on local broadcasting area. The diversity intended is by optimizing local content that is useful for society in that certain area and still have value to sell in order to gain profit for the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/796/051711131
Uncontrolled Keywords: Sistem Stasiun Jaringan, Keanekaragaman, Strategi, Manajemen Media.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.234 Motion pictures, radio, television > 302.234 5 Television
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Nov 2017 06:09
Last Modified: 05 Dec 2020 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5049
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item