Ichsantama, Randy (2017) Strategi Event Marketing Jalan Sehat Telkomsel 4g Lte Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (Studi Kualitatif Deskriptif Terhadap Event Marketing Pt Telkomsel Di Kota Pasuruan Dan Mojokerto, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pengadaan event marketing dalam beberapa tahun terakhir semakin marak dikalangan pelaku bisnis. PT Telkomsel adalah salah satu perusahaan yang melakukan event marketing dalam rangka mempromosikan teknologi baru yakni kualitas jaringan telekomunikasi khususnya dalam hal kecepatan data. Pada tahun 2017 ini, Telkomsel menyelanggarakan event Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE diberbagai kota. Dalam penelitian ini event di Kota Pasuruan dan Mojokerto menjadi tempat penelitian, karena di kedua kota tersebut layanan jaringan 4G Telkomsel masih belum merata hanya terpusat di area perkotaan saja. Sedangkan tujuan event yang diselenggakan Telkomsel untuk meningkatkan migrasi kartu 4G dan juga untuk mempertahankan loyalitas pelanggan Telkomsel. Dari anomali tersebut muncul rumusan masalah Bagaimana strategi event marketing Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Penelitian komunikasi ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode analisis Data Model Interaktif oleh Miles & Huberman. peneliti melakukan beberapa wawancara mendalam dengan sejumlah narasumber. Data yang berasal dari rekaman wawancara dianalisis dengan mereduksi (penyederhanaan) data melalui serangkaian proses menajamkan analisis, menggolongkan atau pengkategorisasian dalam bentuk coding sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi event marketing PT Telkomsel dapat meningkatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Pelaksanaan event Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE yang diselenggarakan di kotakota yang masih belum memiliki jumlah pelanggan yang tinggi. Telkomsel berani untuk melakukan strategi penetrasi pasar dan produk di wilayah yang telah dikuasai oleh kompetitor melalui event marketing. Melalui event tersebut Telkomsel juga dapat secara langsung berkomunikasi dengan pelanggan sehingga dapat secara langsung mengetahui keluhan serta keinginan para pelanggan untuk peningkatan produk dan pelayanan yang selanjutnya dan melalui pendekatan tersebut Telkomsel dapat terus mempertahankan loyalitas pelanggan
English Abstract
The creation of event marketing in recent years is increasing prevalently among business people. Telkomsel held the event of Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE in Pasuruan and Mojokerto, because in both cities the network service of Telkomsel 4G is unequal as Telkomsel only focus on urban area. Meanwhile, the purpose of Telkomsel's event are to increase the number of 4G card migration and to maintain Telkomsel's customer loyalty. This research aims to describe how the event marketing strategy of Jalan Sehat Telkomsel 4G LTE was conducted to maintain customer loyalty appears. This communication research’s conducted by using qualitative descriptive method with Interactive Data Model by Miles & Huberman. The researcher used several in-depth interviews with a number of key informants. The data derived from interview records are analyzed by reducing (simplifying) the data through a series of process such as classifying or categorizing in form of simple coding. The result concludes that event-marketing strategy could be increase the number of new customer and maintain the loyalty of exist customer. Telkomsel has strongly build their market and product penetration strategies in the area that has been driven by competitors through event marketing. Through that event, Telkomsel also could interacted directly with the customer, so that it can clearly classified the satisfied and unsatisfied customer towards their brands. By knowing this situation, Telkomsel can improve the quality of their product and service furthermore.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/751/051708036 |
Uncontrolled Keywords: | Event Marketing, Marketing Communication, Integrated Marketing Communication, Event, Customer Loyalty |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.802 General topics of marketing management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 07:18 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 02:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5001 |
![]() |
Text
Randy Ichsantama.pdf Download (15MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |