Pengaruh Store Atmosphere Rumah Makan Inggil Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Novitasari, Megarany Dwi (2017) Pengaruh Store Atmosphere Rumah Makan Inggil Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis di industri makanan mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Usaha rumah makan banyak didirikan dengan berbagai tema untuk menarik minat konsumen. Suasana yang diciptakan tidak terlepas dari store atmosphere rumah makan tersebut sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Salah satu rumah makan yang memiliki store atmosphere menarik adalah rumah makan Inggil dengan konsep Jawa dan terdapat museum di dalam rumah makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store stmosphere rumah makan Inggil terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei eksplanatif antara variabel bebas (X) store atmosphere mengacu pada Berman dan Evans (1992, h. 459) dengan store exterior, general interior, store layout dan interior display sebagai indikator dan variabel terikat (Y) keputusan pembelian mengacu pada Kotler & Amstrong (2001, h.222) dengan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli, dan perilaku pasca pembelian sebagai indikator. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan membagikan kuesioner kepada 73 responden yang pernah berkunjung ke rumah makan Inggil. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan uji hipotesis uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara store atmosphere rumah makan Inggil terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 9,577>3,976 atau nilai sig. F< α = 5% yaitu 0,03< 0,05. Hubungan store atmosphere rumah makan Inggil terhadap keputusan pembelian tergolong rendah yakni sebesar 11,9%. Berdasarkan hasil tersebut dikatakan bahwa store atmosphere memiliki pengaruh dalam keputusan pembelian konsumen.

English Abstract

There is significant growth of business development in the food industry sector. A considerable number of themed restaurants has been established to attract consumers. This research argues that the store atmosphere affects purchase decision. One of the themed restaurant with compelling store atmosphere is Rumah Makan Inggil where Javanese architectural design and existing museum creates unique ambiance for dine in consumers. This research aims to determine how Rumah Makan Inggil’s store atmosphere affects guests’ purchase decision. The quantitative study employs explanatory research methods measuring relationship between independent variable (X) store atmosphere (Berman &Evans, 1992, h. 459) which uses store exterior, general interior, store layout andinterior display as indicators and dependent variable (Y) of purchase desicion (Kotler & Amstrong, 2001, h.222) which process involved need assessment, information seeking, alternative evaluation, purchase decision, and post purchase behavior as indicators. Accidental sampling technique had been selected as data collection towards 73 respondent who have visited Rumah Makan Inggil. Technique analysis used on this research is simple linear regression and F-test hypothesis. The result indicates that there is positive and significant influence of Rumah Makan Inggil’s store atmosphere towards guests’ purchase decision. This is evidenced from the value of Fcalculate> Ftable which is 9,577>3,976 or sig. value F< α = 5% which is 0,03< 0,05. The relation between Rumah Makan Inggil’s store atmosphere between and purchase decision is relatively low, by 11,9%. Based on these results said that store atmosphere has an influence in consumer purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/759/051708044
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 647 Management of public households (institutional housekeeping) > 647.9 Specific kinds of public households and institutions > 647.95 Eating and drinking places
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Nov 2017 01:08
Last Modified: 05 Nov 2024 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4952
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item