Chandra., Yollanda Desiana (2017) “Konsumerisme dalam Komunitas Hijab Kontemporer (Studi Kualitatif pada Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Komunitas Hijabers Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Cara hidup masyarakat pada saat ini telah mengalami perubahan, menuju budaya konsumsi dan perilaku kehidupan yang konsumtif. Masyarakat konsumeris merupakan masyarakat yang menciptakan nilai-nilai yang berlimpah melalui barang-barang konsumeris serta menjadikan konsumsi sebagai pusat aktivitas kehidupan. Dalam konteks budaya konsumerisme selain dipengaruhi oleh perilaku konsumtif, individu juga dipengaruhi oleh lingkungan serta gaya hidup. Pada dasarnya, uraian yang peneliti jelaskan memperlihatkan bahwa konsumsi tidak hanya merupakan tindakan yang wajar yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan seseorang atau kelompok akan tetapi lebih dari itu, konsumsi digunakan juga sebagai alat komunikasi kepada orang lain untuk menunjukkan siapa dirinya, posisi social maupun gaya hidupnya. Hubungan yang tampak erat antara hijab dengan dunia fashion serta gaya hidup berlebih yang ditampilkan oleh komunitas Hijabers pusat yang mana komunitas ini dikenal dengan style fashion terkini serta tidak akan tertinggal dalam mengkonsumsi apa saja yang dapat menunjang penampilan mereka, menjadikan peneliti tertarik ingin meneliti fenomena sosiokultural dalam Komunitas Hijabers Malang dimana komunitas ini merupakan cabang dari Komunitas Hijabers Pusat (Jakarta) yang menampilkan fenomena wanita Indonesia berdomisili di Malang yang menggunakan hijab modis dengan sekaligus menjadi trend setter bagi muslimah di Malang. Muslimah dalam Komunitas ini menjadikan hijab sebagai gaya hidup sosial mereka, tentunya dengan menyebarluaskan trend busana muslim hijab. Selain itu, alasan lain memilih hijabers community Malang adalah karena peneliti ingin melihat bagaimana perilaku konsumtif dan gaya hidup anggota komunitas Hijabers Malang mengingat perbedaan dari segi demografis dan pertumbuhan ekonomi antara Jakarta dengan Malang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perilaku konsumtif dan gaya hidup yang ditampilkan oleh Komunitas Hijabers Malang. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa wanita yang tergabung dalam Hijabers Community Malang dapat dikatakan sebagai bagian dari masyarakat konsumsi, karena apa yang dikonsumsi oleh mereka merupakan suatu jenis komoditas barang atau jasa yang tidak hanya berdasarkan kegunaannya saja, tetapi juga mengkonsumsi nilai guna yang menunjukkan eksistensi.
English Abstract
The way of life of society at this time has undergone change, towards consumption culture and consumptive life behavior. Consumerist society is a society that creates abundant values through consumer goods and makes consumption a center of life activity. In the context of consumer culture besides being influenced by consumptive behavior, the individual is also influenced by the environment and lifestyle. Basically, the explanation that the researcher describes shows that consumption is not only a reasonable action done to meet the needs of a person or group but more than that, consumption is also used as a means of communication to others to show who he is, his social position and lifestyle. The close-knit relationship between hijab and the fashion world as well as the excessive lifestyles displayed by the central Hijabers community in which the community is known for its latest fashion style and will not be left behind in consuming anything that will support their appearance makes researchers interested in researching the sociocultural phenomena within Community Hijabers Malang where this community is a branch of Central Hijabers Community (Jakarta) featuring the phenomenon of Indonesian women domiciled in Malang who use fashionable hijab as well as a trend setter for muslimah in Malang. Muslimah in this community makes the hijab as their social lifestyle, of course by disseminating the trend of Muslim hijab fashion. In addition, another reason to choose hijabers community Malang is because researchers want to see how consumptive behavior and lifestyle Hijabers Malang community considering the difference in terms of demographics and economic growth between Jakarta and Malang. In this study researchers used a qualitative descriptive approach. The purpose of this study is to know and describe how consumptive behavior and lifestyle displayed by the Community Hijabers Malang. Based on the results of the analysis is known that women who are members of Hijabers Community Malang can be regarded as part of the consumption community, because what is consumed by them is a kind of commodity goods or services that not only based on usefulness, but also consume the use value that shows existence.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/722/051708007 |
Uncontrolled Keywords: | perilaku konsumtif, gaya hidup, komunitas hijabers |
Subjects: | 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.3 Commercial policy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 02:37 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4882 |
![]() |
Text
Yollanda Desiana Chandra.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |