Larasati, Verena Vinandia (2017) Textual Analysis in Commodification in Indonesian Horror Movies in Post-Reform era. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah Teori Ekonomi Politik Komunikasi. Penelitian ini berfokus pada praktik komodifikasi dalam perfilman Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis praktik komodifikasi yang terjadi di dunia perfilman Indonesia, khususnya film horor Indonesia yang diproduksi dan ditayangkan di era Pasca-Reformasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek penelitian adalah film Terowongan Casablanca (2007), Tali Pocong Perawan (2008), dan Air Terjun Pengantin (2009). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data menggunakan analisis tekstual, yang di mana peneliti menelaah adegan dan juga dialog yang terdapat dalam film yang menjadi objek penelitian dan juga data - data lainnya yang berhubungan dengan film – film tersebut. Hasil penelitian ini adalah terdapat komodifikasi konten yang dilakukan oleh produsen – produsen film Indonesia di dalam film horor Indonesia. Produsen film horor Indonesia cenderung menggunakan tubuh wanita sebagai komoditi untuk menjual film nya kepada khalayak , terutama dalam film Terowongan Casablanca, Tali Pocong Perawan, dan Air Terjun Pengantin. Perbedaan penelitian ini dari penelitian lainnya adalah dalam penelitian ini peneliti terfokus untuk menelaah komodifikasi konten yang terdapat dalam film horor Indonesia Pasca Reformasi
English Abstract
In this research, researcher use Political Economy of Communication Theory. This research focus to commodification practice in Indonesian movies. Purpose of this research is to analyze the commodification in the world of Indonesian movies, especially Indonesian horror movies that produced and shown after Post- Reform era. In this research, there are three Indonesian horror movies that used as data object : Terowongan Casablanca (2007), Tali Pocong Perawan (2008), and Air Terjun Pengantin (2009). This research used qualitative descriptive method and using textual analysis as data analysis technique. By those method and technique, researcher analyze scenes and dialogues from those three movies and also other related data that correlateed with those movies. Result of this research generally indicated that there are commodification practices that done by Indonesian movie industry owners or Indonesian movie makers, especially in Terowongan Casablanca, Tali Pocong Perawan, and Air Terjun Pengantin. Indonesian horror movie makers tend to use female body as one of their commodity to sell their movie into the marketplace ( audiences). This research different with other research because in this research, researcher tend to analyze commodification of content in Indonesian horror movies in Posr-Reform era.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/ 719/051708004 |
Uncontrolled Keywords: | teori ekonomi politik komunikasi, komodifikasi, film horor Indonesia |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.234 Motion pictures, radio, television > 302.234 3 Motion pictures |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 03:44 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4842 |
Text
Verena Vinandia Larasati.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |