Isnaini S., Eva Prestistia (2017) Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Pedagang Pakaian Hijab (Studi Deskriptif Kualitatif pada Pedagang Pakaian Hijab di Pasar Beteng Trade Center Solo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Trend fashion hijab merupakan sebuah fenomena di kalangan masyarakat yang selalu berubah sesuai dengan era modern saat ini. Pada era digital, masyarakat dimudahkan dengan munculnya new media. Komunikasi yang dilakukan dalam Internet atau sering disebut dengan computer mediated communication (CMC). Salah satu contoh CMC dengan menggunakan perangkat internet yaitu media sosial. Media sosial membantu masyarakat dalam proses persebaran informasi serta portal untuk berbisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis fenomena pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran oleh pedagang pakaian hijab di pasar BTC Solo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan paradigma interpretif dengan teori The Condition of Success in Communication oleh Wilbur Schram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran oleh pedagang pakaian hijab terjadi karena adanya pengaruh dari media sosial itu sendiri yang menyuguhkan berbagai macam kegiatan jual-beli secara online. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh penjual pakaian hijab di pasar tradisional untuk berinovasi menggunakan media sosial sebagai media komunikasi pemasaran. Berdasarkan penelitian dengan teori The Condition of Success in Communication oleh Wilbur Schram, proses komunikasi pemasaran yang dilakukan pedagang pakaian hijab di pasar Beteng Trade Center (BTC) Solo dengan konsumen melalui media sosial adalah sukses dan efektif walaupun tidak dilakukan secara bertatap muka.
English Abstract
The fashion hijab trend is a phenomenon among people who are constantly changing according to the modern era today. In the digital era, society facilitated by new media. Communication is done on the Internet or often referred to as computer mediated communication (CMC). One example of CMC by using internet devices is social media. Social media helps the public in the process of distributing information and portals to do business. The purpose of this research is to analyze the phenomenon of social media utilization as marketing communication media by hijab clothing merchant in BTC Solo market. This research is a qualitative research using qualitative descriptive method and interpretive paradigm with The Condition of Success in Communication theory by Wilbur Schram. The results of this study indicate that the phenomenon of social media utilization as a marketing communication media by hijab clothing merchants occur because of the influence of social media itself that presents a variety of online buying activities. It is then utilized by hijab clothing sellers in traditional markets to innovate using social media as a marketing communications medium. Based on the research with Wilbur Schram's The Condition of Success in Communication theory, the marketing communication process conducted by hijab clothing merchants in Beteng Trade Center (BTC) Solo market with consumers through social media is successful and effective, although it’s not done by face to face.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/ 714/051707999 |
Uncontrolled Keywords: | fenomena bisnis hijab, CMC, media sosial, komunikasi pemasaran, Beteng Trade Center (BTC) Solo |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 02:46 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 06:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4835 |
![]() |
Text
EVA PRESTISTIA ISNAENI S..pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |