“The Effect of Marketer Generated Content on Social Media Instagram towards Purchase Intention of Erigo”.

Anggraini, Aazarah Ayu (2017) “The Effect of Marketer Generated Content on Social Media Instagram towards Purchase Intention of Erigo”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Motif penggunaan media sosial berkembang hingga menjadi salah satu alat komunikasi pemasaran yang digunakan oleh pemasar untuk mempromosikan brand mereka, yaitu Instagram. Dalam ilmu komunikasi, konten adalah pesan yang mempengaruhi sikap orang untuk berperilaku sesuai dengan tujuan brand. Suatu aktivitas yang dilakukan oleh pemasar dalam menyampaikan konten melalui media sosial dengan tujuan untuk mempengaruhi sikap konsumen terhadap brand disebut dengan marketer generated content (MGC). Hal ini menjadi masalah penting bagi pemasar sebagai praktisi bisnis untuk menciptakan konten yang kreatif untuk menarik minat konsumen. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketer generated content (MGC) terhadap minat beli salah satu brand fashion terkenala di Indonesia yaitu Erigo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif yang mana mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yaitu followers dari media sosial Instagram @erigostore. Data yang terkumpulkan akan dianalisis secara statistic menggunakan regresi linier sederhana. Hasil dari data yang telah dianalisis menunjukkan bahwa MGC memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli Erigo dengan hasil tvalue lebih besar ttabel (7.827 > 1.984) dan level signifikan dibawah 0.05 yang mana memiliki arti bahwa H1 diterima dengan beberapa indikator yaitu contextual, informational, entertainment, dan brand. Komposisi konten yang telah tersebarkan di dalam Instagram @erigostore memiliki warna dan gambar yang menarik dan mereka menggunakan feature yang ada dalam Instagram dengan maksimal, konten memiliki informasi yang jelas terkait produk, konten sangat menghibur, dan konten hanya fokus mengenalkan brand Erigo, konten-konten tersebut mampu mempengaruhi minat beli.

English Abstract

The motive of social media use developing become one of communication tool for marketer to promote their brand, particularly Instagram. In communication science, content is a message which influence people behavior to behave like the brand wish. An activity performed by marketer in deliver contents through social media in order to influence consumer behavior toward brand called as marketer generated content (MGC). It is an important matter for marketer as business practitioner on create content creatively to attract consumer’s intention. Therefore, the aim of this study is to discover the effect of MGC towards purchase intention of famous fashion brand in Indonesia, i.e. Erigo. This study is quantitative explanative based on data collected by questionnaire from 100 respondents who followers of social media Instagram @erigstore. The data statistically analyzed using simple linier regression. The result based on data analysis shows that MGC has significant and positive effect towards purchase intention of Erigo with value of tcount greater than ttable (7.827 > 1.984) and level of sig. t below 0.05 which means H1 accepted by several indicators e.g. contextual, informational, entertainment, and brand. The content composition posted on Instagram @erigstore has enticing color and picture or photo, and feature available on Instagram maximally used well by Erigo, the content has clear information about product, the content is entertaining, and the content that only focused to the brand are able to influence the purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/659/O51708061
Uncontrolled Keywords: Instagram, Marketer Generated Content, Minat Beli
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:48
Last Modified: 30 Nov 2020 12:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4721
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item