Peran Suporter dalam Membangun Brand Reputation Klub Sepakbola (Studi pada Aremania di Wilayah Malang Raya)

Kristian A.N, Hans (2017) Peran Suporter dalam Membangun Brand Reputation Klub Sepakbola (Studi pada Aremania di Wilayah Malang Raya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Arema adalah salah satu klub sepak bola yang berasal dari Malang dan berprestasi dalam sepak bola di Indonesia. Mereka memiliki suporter yang setia, yaitu Aremania. Eksistensi Arema tidak lepas dari peran Aremania. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana peran Aremania dalam membangun brand reputation Arema. Pada pra-penelitian, peneliti menemukan bahwa masyarakat Malang mengetahui Arema dan merasa terwakili oleh klub ini walaupun mereka tidak terlalu mengetahui pemain Arema dan tidak mempunyai pemain yang diidolakan dalam klub Arema. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selain mendukung Arema saat bertanding, Aremania juga mempunyai kegiatan di luar lapangan yang biasanya dilakukan korwil dan bertujuan untuk mengakrabkan Aremania atau kegiatan lain yang bersifat sosial. Aremania ingin membangun brand reputation Arema yang baik. Mereka juga ingin membangun opini bahwa Arema adalah klub yang keras dan lugas namun tetap sportif, cerdas, dan loyal. Kesimpulan yang dihasilkan melalui penelitian ini adalah bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Aremania menunjukkan identitas dan citra Arema sehingga membangun opini masyarakat terhadap Arema serta dapat membangun brand reputation Arema, terutama dari aspek sosial, bisnis, dan keamanan. Proses yang dilakukan oleh Aremania itu disebut sebagai brand communication. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa Aremania berperan dalam membangun brand reputation Arema.

English Abstract

Arema is one of the football club from Malang and achieving in Indonesian’s football. They have loyal supporters, called Aremania. The existence of Arema can not be separated from the role of Aremania. This type of research is qualitative descriptive. This research wanted to know how Aremania role in building brand reputation of Arema. In the pre-research, the researchers found that the people of Malang know Arema and feel they represented by this club even though they do not really know about Arema players and do not have favourite player in Arema. The results of this research indicate that in addition to supporting Arema while in match, Aremania also have other activities that are usually done by korwil and aim to familiarize Aremania or social activities. Aremania wants to build good brand reputation of Arema. They also want to build an opinion that Arema is a tough and simple club but still sportive, intelligent, and loyal. The conclusions of this research are the activities performed by Aremania show the identity and image of Arema with the result to build public opinion of Arema and can build Arema’s brand reputation, especially from social aspect, business, and security. That process is called brand communication. Therefore, it can concluded that Aremania have a role in building brand reputation of Arema.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/651/051707936
Uncontrolled Keywords: Arema, Aremania, brand communication, brand reputation, citra, identitas
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:44
Last Modified: 07 Dec 2020 22:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4669
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item