Pengaruh Media Magic Disc dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Jepang dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X SMAN 7 Malang.

Astuti, Erlanda Daysi Mahendra (2017) Pengaruh Media Magic Disc dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kosakata Bahasa Jepang dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X SMAN 7 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang diminati di Indonesia. Penguasaan kosakata mempengaruhi keterampilan berbahasa yaitu menulis, membaca, mendengar, dan berbicara. Pada proses pembelajaran dibutuhkan media pembelajaran untuk membantu dalam menyampaikan materi. Sehingga penulis melakukan penelitian mengenai penggunaan media magic disc untuk mengetahui pengaruhnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan media magic disc dalam meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X SMAN 7 Malang. (2) respon siswa terhadap penggunaan media magic disc dalam meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Jepang dan motivasi belajar. Teori yang digunakan yaitu Kemp dan Dayton mengenai dampak hasil penelitian yang menunjukkan dampak positif dari penggunaan media pembelajaran serta teori Sofyan dan Uno mengenai indikator yang menunjukkan adanya motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain one group pre-test – post-test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media magic disc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media magic disc memiliki pengaruh dalam meningkatkan penguasaan kosakata. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata-rata nilai dari 52,27 menjadi 82,67. Selain itu uji t menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 5,167>2,306. Dari hasil penghitungan angket diperoleh angka persentase sebesar 85% dengan interpretasi sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa media magic disc berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang dan mendapat respon positif siswa terhadap penggunaan media tersebut

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/352/051705416
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Magic Disc, Kosakata Bahasa Jepang.
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.33 Teaching aids, equipment, materials
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jul 2017 07:07
Last Modified: 05 Dec 2020 10:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/442
[thumbnail of Erlanda Daysi Mahendra Astuti.pdf]
Preview
Text
Erlanda Daysi Mahendra Astuti.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item