Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sari Apel Menggunakan Analisis SWOT Dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus Ksu Brosem)

Anugrah, Fitra P (2017) Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Sari Apel Menggunakan Analisis SWOT Dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus Ksu Brosem). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Apel (Pyrus malus) merupakan buah yang hidup subur di daerah dengan temperatur udara dingin. Agroindustri kini makin banyak yang tumbuh di dunia bisnis. Setiap UKM memiliki tujuan untuk dapat tetap berkembang pada persaingan bisnis ini. Untuk mengembangkan perlu dilakukan strategi pengembangan yang lebih optimal, maka perencanaan strategi pengembangan ini dilakukan menggunakan matriks QSPM. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan alternatif strategi pengembangan yang tepat untuk diterapkan oleh KSU brosem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matriks (QSPM). Matriks SWOT dipilih karena merupakan alat yang cepat, efektif dan efisien dalam menemukan kemungkinan-kemungkinan yang berkaitan dengan pengembangan, pengambilan keputusan dan memperluas visi dan misi organisasi. Keunggulan dari penggunaan metode QSPM yaitu rangkaian strategi dalam metode QSPM dapat diamati secara berurutan dan bersamaan serta memperkecil kemungkinan bahwa faktor-faktor utama akan terlewat namun membutuhkan penilaian secara intuitif dan asumsi yang mendasar. Responden yang digunakan adalah konsumen sebanyak 85 orang dan tiga responden ahli yaitu manajer, kepala bagian produksi, kepala bagian keuangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bobot skor pada rata-rata tertimbang matriks IFE 3, 34 sedangkan pada matriks EFE 2,13. Berdasarkan bobot skor tersebut didapatkan matriks IE terletak pada sel IV hold and maintain yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Alternatif strategi pengembangan didapatkan melalui matriks SWOT dengan menformulasikan strategi berdasarkan penggabungan antara faktor internal dan eksternal. Dari alternatif tersebut perhitungan dengan matriks QSPM didapatkan nilai terbesar 3,80 dengan strategi meningkatkan pemasaran dengan memaksimalkan volume penjualan. Alternatif strategi yang didapatkan memiliki tujuh alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Dari alternatif tersebut didapatkan tiga urutan prioritas strategi. Urutan tiga prioritas perencanan strategi yang bisa diterapkan oleh Ksu Brosem ini ialah melakukan meningkatkan pemasaran dengan memaksimalkan volume penjualan, menampilkan berbagai sertifikasi pangan kepada konsumen, dan meningkatkan kapasitas produksi dalam memenuhi permintaan konsumen.

English Abstract

Apples (Pyrus malus) are fertile fruits in areas with cold air temperatures. Agroindustry is now growing in the business world. Every SME has a goal to keep growing in this business competition. To develop a more optimal development strategy, the planning of this development strategy is done using QSPM matrix. The purpose of this research is to get alternative of appropriate development strategy to be applied by KSU brosem. The method used in this research is SWOT analysis and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The SWOT matrix is chosen because it is a fast, effective and efficient tool for finding possibilities related to development, decision making and broadening the organization's vision and mission. The advantage of using the QSPM method is that a series of strategies in the QSPM method can be observed sequentially and simultaneously and minimize the likelihood that the main factors will be missed but require intuitive assessment and underlying assumptions. The respondents were 85 consumers and three expert respondents were manager, head of production department, head of finance department. The results of this study show the weight of the scores on the weighted average of IFE 3, 34 matrix while in the EFE matrix 2.13. Based on the weight of the scores obtained IE matrix lies in cell IV hold and maintain the market penetration and product development. An alternative development strategy is obtained through the SWOT matrix by formulating a strategy based on a combination of internal and external factors. From that alternative calculation with QSPM matrix got biggest value 3,80 with strategy to increase marketing by maximizing sales volume. Alternative strategies obtained have seven alternative strategies that can be applied by the company. From these alternatives, three strategic priorities are obtained. The sequence of three strategic planning priorities that can be applied by Ksu Brosem is to improve marketing by maximizing sales volume, featuring various food certifications to consumers, and increasing production capacity in meeting consumer demand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/406/051709253
Uncontrolled Keywords: Apel, Bisnis, Strategi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.57 Research and Development
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Oct 2017 02:32
Last Modified: 20 Jul 2022 05:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4252
[thumbnail of FITRA ANUGRAH PRATAMA.pdf] Text
FITRA ANUGRAH PRATAMA.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item