Hidayah, Risyda Nurul (2017) Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Kecap Bango di Kota Malang (Studi Kasus Produk Kecap Bango PT. Unilever Indonesia Tbk.). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kecap merupakan produk hasil fermentasi yang bergizi dan dikonsumsi hampir setiap hari oleh masyarakat Indonesia. Dewasa ini, dengan meningkatnya kualitas hidup dan ekonomi masyarakat menyebabkan meningkatnya rata-rata konsumsi kecap dan masyarakat menjadi lebih pemilih dalam mengkonsumsi produk kecap. Menghadapi kompetisi ketat, PT. Unilever Indonesia Tbk. melakukan beberapa strategi terutama promosi untuk mempertahankan pasar karena promosi merupakan salah satu indikator yang mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen kecap Bango di kota Malang dan untuk Mengetahui bauran promosi yang berpengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan pembelian dan kepuasan konsumen kecap Bango di kota Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square). Rancangan penelitian meliputi 6 variabel laten yaitu periklanan (X1), personal selling (X2), promosi penjualan (X3), hubungan masyarakat (X4), keputusan pembelian (Y1), dan kepuasan konsumen (Y2). Setiap variabel laten memiliki beberapa variabel indikator. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner berbentuk terbuka dan tertutup yang disebarkan kepada masyarakat Kota Malang dengan usia lebih dari 20 tahun dan pernah melakukan pembelian kecap Bango minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Pengukuran respon kuisioner yang digunakan adalah skala likert. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian adalah variabel periklanan, penjualan pribadi dan promosi penjualan. Variabel hubungan masyarakat tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Variabel keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap pengambilan keputusan dan kepuasan konsumen adalah variabel periklanan karena variabel periklanan dianggap menarik, mudah diingat dan menjangkau konsumen secara luas. Variabel periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat berpengaruh positif dan berbanding lurus terhadap keputusan pembelian. Variabel keputusan pembelian juga berpengaruh positif dan berbanding lurus dengan variabel kepuasan konsumen.
English Abstract
Soy sauce is a fermented product that is nutritious and consumed almost daily by the people of Indonesia. Nowadays, with the increasing quality of life and society's economy, the average consumption of soy sauce is increasing and people are becoming more voters in consuming soy sauce products. Facing the tight competition, PT. Unilever Indonesia Tbk. undertakes several strategies, especially promotion to maintain the market because promotion is one of the indicators that influence purchasing decision and consumer satisfaction. The purpose of this study is to determine the effect of promotion mix to purchase decision and customer satisfaction of Bango soy sauce in Malang city and to know the promotion mix that dominant influence to decision making of purchasing and satisfaction of customer of Bango soy sauce in Malang city. The method used in this study is the PLS (Partial Least Square). The design of the study includes six latent variables, namely advertising (X1), personal selling (X2), sales promotion (X3), public relations (X4), purchasing decisions (Y1) , And consumer satisfaction (Y2). Each latent variable has several indicator variables. The data was collected by using open and closed questionnaire which was distributed to the people of Malang City with the age of more than 20 years and had made the purchase of soy sauce Bango at least 2 times in the last 6 months. Measurement of questionnaire response used is Likert scale The result of this research indicate that the variables that have significant influence to purchase decision are advertising, personal selling and sales promotion. The public relation variable has no significant influence to purchase decision. The variable of purchasing decision has significant effect to customer satisfaction. The most dominant variable affecting decision making and consumer satisfaction is advertising because advertising is considered attractive, easy to remember and reach consumers widely. Advertising variables, personal selling, sales promotion and public relations have positive effect and are directly proportional to the buying decision because they have positive path coefficient value. The variable of purchase decision also have positive effect and directly proportional to customer satisfaction variable.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2017/346/051709193 |
Uncontrolled Keywords: | Bauran Promosi, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 03:10 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 08:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4082 |
Text
RISYDA NURUL HIDAYAH.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |