Widyawati, Sri (2017) Analisis Budaya Organisasi Publik (Studi Pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu Dan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan dan menganalisis budaya organisasi publik pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu dan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang 2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat budaya organisasi publik pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu dan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatakan kualitatif. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari keempat kriteria data tersebut adalah kredibilitas (credibility), transferabilitas (transferability), dependabilitas (dependability), dan konfirmabilitas (confirmability). Teknik analisis data yaitu menggunakan langkah-langkah pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusiondrawing/verification) Hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan menujukkan bahwa budaya organisasi publik pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu dan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang memiliki persamaan dalam karakteristik tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan para pegawai. Badan Keuangan Daerah Kota Batu dan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang budaya organisasi berasal dari sumber potensi dalam menciptakan kepercayaan serta nilai dan asums-asumsi dari organisasi dan pengalaman dari organisasi. Kondisi ini menjadikan aktivitas yang dilakukan pada unsur-unsur organisasi dapat memberikan pelayanan kepada publik. Faktor pendukung dan faktor penghambat budaya organisasi publik pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu dan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang dapat diketahui bahwa yang menjadi faktor yang mendukung budaya organisasi yaitu adanya komitmen bersama antara pimpinan dan bawahan, adanya komitmen yang tinggi di dalam instansi maka pegawai itu seperti memiliki semangat kerja yang tinggi sehingga para pegawai akan merasa nyaman berada di tempat kerjanya. Selain itu adanya motivasi dari pimpinan. Adapun faktor penghambatnya yaitu mengenai SDM (Sumber Daya Manusia) yang kompetensinya rendah sehingga pencapaian kinerja kurang maksimal dan tingkat kepentingan. Faktor lainnya yaitu mengenai perubahan struktur organisasi atau mutasi jabatan tentunya akan membutuhkan adaptasi untuk pegawai atau pejabat di instansi.
English Abstract
The objectives of this study are 1) To describe and analyze the culture of public organizational at Regional Financial Agency of Batu city and Regional Tax Service Agency of Malang city 2) To describe and analyze the supporting and inhibiting factors on the culture of public organization at Regional Financial Agency of Batu City and Regional Tax Service Agency of Malang City. In this study, the researcher uses descriptive research by using qualitative approach. Data analysis used in this study consists of four data criteria. All of which are credibility, transferability, dependability, and confirmability. Data technique analysis used are data collection, data condensation, data display, and conclusion drawing or verification. The result of analysis and disscussion showed that the culture of public organization at Regional Finance Agency of Batu City and Regional Tax Service Agency of Malang City had a similar on the task characteristic or job which should be done by employee. Organizational culture on the Regional Finance Agency of Batu City and Regional Tax Service Agency of Malang City comes from potential source on creating belief also value and asumption of organization and the experience from organization. This condition becomes the activity which is implemented in the organization to give a service in public. Supporting and inhibiting factors in the culture of public organizations at the Regional Finance Agency of Batu City and Regional Tax Service Agency of Malang City can be seen that the supporting factors of the organization culture is a commitment between the leadership and subordinates. In addition, the existence of high commitment in the agency will make the employee is like having a high morale and feel comfortable in the workplace. The inhibiting factors are about the existence of human resources and the level of importance. Another factor is about changes in organizational structure or position mutations will certainly require adaptation for employees or officials in the agency and low human resources so that the achievement of performance is less than the maximum.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/624/051708354 |
Uncontrolled Keywords: | Budaya Organisasi Publik, Badan Keuangan Daerah Kota Batu dan Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.300 19 Personnel management (Psychological principles) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 03:04 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 08:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4014 |
Actions (login required)
View Item |