Pengaruh Strategi Brand terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk SGM Eksplor 3+, PT.Sarihusada, Yogyakarta)

Setyorini, Nugraheni Endah (2017) Pengaruh Strategi Brand terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk SGM Eksplor 3+, PT.Sarihusada, Yogyakarta). UNSPECIFIED thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang dengan berbagai macam industri. Salah satu komoditas yang banyak dikonsumsi di Indonesia adalah komoditas susu sapi. Industri susu di Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu pengolahan susu segar dan krim, dan pengolahan susu bubuk dan susu kental. Jenis produk susu yang paling banyak ada di pasar Indonesia adalah produk susu balita.Salah satu perusahaan yang memproduksi susu balita adalah PT.Sarihusada, Yogyakarta. Brand susu dari perusahaan ini adalah susu SGM. Salah satu produk yang diproduksi PT.Sarihusada adalah produk SGM Eksplor 3+ untuk anak usia 3-5 tahun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel strategi brand terhadap pengambilan keputusan pembelian susu SGM Eksplor 3+, serta menganalisis variabel dominan dalam brand SGM Eksplor 3+. Penelitian ini dibatasi dengan melihat persepsi konsumen terhadap brand SGM Eksplor 3+ tanpa melihat dari segi harga produk, tempat lokasi penjualan, dan sarana promosi dari brand tersebut. Sampel penelitian ini adalah para ibu yang memiliki anak usia 3-5 tahun, yang telah mengkonsumsi SGM Eksplor 3+ minimal sebanyak dua kali. Jumlah sampel responden yang digunakan adalah sebanyak 97 orang ibu. Penelitian ini akan menggunakan Partial Least Square (PLS). Terdapat empat variabel eksogen brand awareness, brand image, brand trust, dan brand affectdan dua variabel endogen brand dan keputusan pembelian. Model analisis jalur semua variabel laten dalam PLS terdiri dari 3 model, yaitu inner model, outer model, dan weight relation. Metode PLS merupakan metode analisis yang dapat diterapkan pada semua skala data, tidak membutuhkan banyak asumsi dan ukuran sampel tidak harus besar. PLS dapat digunakan untuk pemodelan struktural dengan indikator bersifat reflektif ataupun formatif. Penelitian ini menghasilkan model persamaan Y1 = 0.204 X1 + 0.091 X2 - 0.041 X3 + 0.230 X4 + ς1 dan Y2 = 0.268 Y1 + ς2. Nilai R2 0.168 pada Y1 dan 0.072 pada Y2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap brand adalah variabel brand awareness dan brand affect dengan nilai t berturut-turut 1.880 dan 1.564 lebih besar dari t tabel yaitu 1.2954. Variabel brand image dan brand trust tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai t berturut-turut 0.751 dan 0.239 lebih kecil dari t tabel. Indikator yang paling berpengaruh pada brand adalah indikator ingatan (X12) dan kesenangan (X43), serta ciri produk (Y12) mempengaruhi penilaian konsumen pada brand SGM Eksplor 3+. Variabel brand awareness, brand image, dan brand image menghasilkan hubungan positif atau berbanding lurus dengan variabel brand. Variabel brand trust menghasilkan hubungan yang negatif atau berbanding terbalik dengan variabel brand. Variabel brand memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 3.194. Indikator yang paling berpengaruh dalam menentukan keputusan pembelian konsumen adalah keinginan (Y22). Variabel brand menghasilkan hubungan yang positif dengan keputusan pembelian.

English Abstract

Indonesia is a developing country with various industries. One of the most consumed commodities in Indonesia is the milk. Dairy industry in Indonesia is divided into two, processing of fresh milk and cream, and processing of milk powder and condensed milk. The most common dairy products in the Indonesian market are dairy products. One of the companies that produce milk is PT.Sarihusada, Yogyakarta. A brand of this company is SGM. One of the products produced by PT.Sarihusada is SGM Eksplor 3+ product for children aged 3-5 years. The purpose of this research is to analyze the influence of brand strategy variable to decision making of milk purchase of SGM Eksplor 3+, and to analyze the the dominant variable of brand SGM Eksplor 3+. This study is limited by looking at the perception of the consumers of the brand SGM Eksplor 3+ regardless price of the product, the location of the sale, and the promotional means of the brand. The sample of this research is mothers who have children aged 3-5 years, who have consumed SGM Eksplor 3+ at least twice. The sample of respondents used was 97 mothers. This research will use Partial Least Square (PLS). There are four exogenous variables of brand awareness, brand image, brand trust, and brand affect and two endogenous brand variables and purchasing decisions. The path analysis model of all latent variables in PLS consists of 3 models, inner model, outer model, and weight relation. The PLS method is an analytical method that can be applied to any data scale, does not require many assumptions and the sample size does not have to be large. PLS could be used for structural modeling with reflective or formative indicators. This research yields equation model Y1 = 0,204 X1 + 0,091 X2 - 0,041 X3 + 0,230 X4 + ς1 and Y2 = 0,268 Y1 + ς2. The value of R2 is Y1 0.168 and Y2 0.072. The results showed that the variables that have a significant influence on the brand is the variable brand awareness and brand affect with the value of t respectively 1.880 and 1.564 larger than t table is 1.2954. Brand image and brand trust variables do not influence significantly with t value 0.751 and 0.239 respectively smaller than t table. The most influential indicators on brands are memory indicators (X12) and fun (X43), and product characteristics (Y12) affect consumer ratings on SGM 3+ brand. Variable brand awareness, brand image, and brand image produce a positive relationship or directly proportional to the brand variable. Brand trust variables produce a negative or inverse relationship with brand variables. Brand variable gives significant influence to purchase decision with t statistic 3,194. The most influential indicator in determining consumer purchase decisions is an indicator of desire (Y22). Brand variables also produce a positive relationship with purchasing decisions.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Identification Number: SKR/FTP/2017/401/051709248
Uncontrolled Keywords: Strategi Brand, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:01
Last Modified: 24 Jun 2022 08:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3771
[thumbnail of NUGRAHENI ENDAH SETYORINI.pdf] Text
NUGRAHENI ENDAH SETYORINI.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item