Studi Variasi Komposisi Serbuk Serabut Kelapa Dan Serbuk Tembaga Untuk Bahan Gesek Kampas Rem (Brake Lining)

Zubaidah, Nurma (2017) Studi Variasi Komposisi Serbuk Serabut Kelapa Dan Serbuk Tembaga Untuk Bahan Gesek Kampas Rem (Brake Lining). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahan gesek kampas rem merupakan bahan gesekan yang membantu mengendalikan pergerakan kendaraan yaitu memperlambat atau menghentikan laju kendaraan. Oleh karena itu, diperlukan bahan yang sesuai untuk pembuatan bahan gesek kampas rem. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk serabut kelapa, serbuk tembaga, resin poliester dan katalis Methyl Ethyl Ketone Peroxide, dengan variasi komposisi serbuk serabut kelapa : serbuk tembaga sebesar 0,5 : 6,5, 1 : 6, 2 : 5, 3 : 4, 4 : 3, 5 : 2, 6 :1. Pembuatan bahan gesek kampas rem menggunakan metode compression molding dengan gaya tekan sebesar 3 ton dengan waktu penahanan selama 15 menit dan di oven selama 2,5 jam dengan temperatur 150 0C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi yang terbaik adalah komposisi 0,5 : 6,5 dengan nilai kekerasan sebesar 61 Shore D, kerapatan sebesar 3,27 g/cm3, daya serap air sebesar 2,741% serta daya serap minyak pelumas sebesar 1,728%. Namun, hasil yang diperoleh dari penelitian ini masih jauh dari nilai bahan gesek kampas rem konvensional.

English Abstract

Brake lining is a friction material that help restrain vehicle movement, it is can make slower or to stop vehicle completely. Meanwhile, need the appropriate materials to make brake lining. The materials in this research are coconut fiber powder, copper powder, polyester resin and Methyl Ethyl Ketone Peroxide catalyst, with coconut fiber powder : cooper powder composition variation 0,5 : 6,5, 1 : 6, 2 : 5, 3 : 4, 4 : 3, 5 : 2, 6 :1. Brake linings friction material manufacture used compression molding method with pressure of 3 tons and holding time for 15 minutes, than oven it for 2,5 hours with temperature 150 0C. The research results showed that the best composition was 0,5 : 6,5 with hardness value 61 Shore D, density 3,27 g/cm3, water absorption 2,741% and oil absorption 1,728%. However, this research results still far from the value of conventional brake lining.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FMIPA/2017/440/051709780
Uncontrolled Keywords: serbuk serabut kelapa, serbuk tembaga, resin poliester, compression molding, kekerasan, kerapatan, daya serap air dan minyak pelumas.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 629 Other branches of engineering > 629.2 Motor land vehicles, cycles > 629.24 Chassis > 629.246 Brakes
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:47
Last Modified: 22 Nov 2021 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/3769
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (738kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of PPT.pdf]
Preview
Text
PPT.pdf

Download (957kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (377kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item